Peringati Hari Kartini dengan Film KARTINI karya Hanung Bramantyo

Peringati Hari Kartini dengan Film KARTINI karya Hanung Bramantyo

Velodrome – Film Kartini yang tayang sejak 19 April kemarin patut menjadi pertimbangan untuk ditonton para masyarakat Indonesia. Film ini tak hanya menjadi momen untuk mengenang sepak terjang Kartini namun juga bisa menjadi pendalaman memahami sosok yang selama ini lekat dengan pergerakan isu-isu perempuan di Indonesia.

Bagi Anda yang belum mengetahui perjuangan Kartini lewat literatur dan buku, film biopic karya produser kenamaan asal Indonesia, Hanung Bramantyo, menceritakan tentang kisah hidup Kartini (Dian Sastrowardoyo). Dalam film tersebut ditonjolkan pula sudut pandang orang-orang terdekat sang pahlawan wanita yang kemudian membentuknya menjadi perempuan pejuang melawan tradisi budaya.

Tujuan untuk menciptakan kesetaraan bagi semua orang, terutama kaum perempuan yang pada masa itu sangat dibedakan.

Peringati Hari Kartini dengan Film KARTINI karya Hanung Bramantyo

Image : twitter.com/Film Kartini

Kartini yang terlahir di lingkungan bangsawan, sejak kecil ia telah melihat penderitaan sang ibunda, Ngasirah (Christine Hakim) yang tidak dianggap keberadaannya walaupun di rumahnya sendiri. Ngasirah bahkan disia-siakan layaknya seorang pembantu rumah tangga karena ia satu-satunya yang tidak mempunyai darah ningrat.

Ayah Kartini, Raden Sosroningrat (Deddy Sutomo) juga tak berdaya untuk memperbaiki keadaan, karena ketidak mampuannya dalam melawan tradisi di Indonesia, khususnya kultur Jawa saat itu.

Sang Produser, Robert Ronny, mencoba menjelaskan bahwa film KARTINI dibuat dengan pendekatan pendidikan sebagai perjuangan Kartini dalam menciptakan kesetaraan dan pemberdayaan masyarakat.

Sepanjang hidupnya, Kartini memperjuangkan kesataraan hak bagi semua orang. Hanung juga membedah dua saudari Kartini yakni, Roekmini (Acha Septriasa), dan Kardinah (Ayushita Nugraha). Mereka mendirikan sekolah untuk masyarakat miskin dan menciptakan lapangan kerja untuk rakyat di Jepara dan sekitarnya.

Pemiikiran Kartini sebagai pemberontak tradisi adalah buah dari buku bacaan, kegemarannya menulis, termasuk keinginanya untuk belajar bahasa asing yakni Bahasa Belanda. Fenomena di lingkungannya sendirilah yang membuatnya tergugah untuk menciptakan perubahan meskipun harus melawan keluarganya sendiri.

Kakak Kartini yakni Sosrokartono (Reza Rahadian) juga mendorong upaya Kartini untuk bergerak dan mencapai pendidikan yang lebih tinggi.

Peringati Hari Kartini dengan Film KARTINI karya Hanung Bramantyo

Image : Berita Indotainment

Film yang digarap dengan genre drama ini juga menonjolkan peran perempuan Jawa kala itu yang banyak dibatasi oleh aturan tradisi. Kartini pun harus siap dipindah saat usianya berumur 12 tahun. Naskah yang digarap oleh Hanung Bramantyo dan Bagus Bramanti itu didominasi oleh perjuangan Kartini membuat pendidikan yang lebih inklusif.

Di samping itu, sosok Kartini yang religius dan hubungannya dengan pemerintahan kolonial yang kompleks  terpaksa harus dirampaingkan. Padahal, surat Kartini yang dikenal orang itu juga banyak membahas mengenai agama.

Sosok Kartini yang dikenal hingga sekarang memang punya sisi kontroversial. Banyak kalangan yang menilai bahwa sebesar apakah peran Kartini dalam kemajuan peran perempuan Indonesia. Ketika ada seruan bahwa Kartini menjadi sosok propaganda Orde Baru dan rekaan Belanda untuk menjalankan politik etis, Hanung Bramantyo memilih untuk menekankan sosok Kartini yang ingin menjadi manusia yang bebas dari apapun yang mengekangnya.

Film KARTINI menjadi film yang sangat inspiratif. Banyak potongan adegan yang heroik ditampilkan di layar lebar. Memang sejarah tentang Kartini mempunyai sisi yang kompleks namum tidak mungkin juga menyuntikkan semua kisah dalam satu film.

Sebagai film biopic yang dibuat secara modern dengan setting dan desain produksi yang matang, film ini bisa menjadi awal mengenal sosok Kartini.

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account