Ethereum, Pesaing Uang Digital Bitcoin yang Makin Populer

Bitcoin

Velodrome – Bitcoin (BC) merupakan salah satu jenis cryptocurrency atau mata uang digital yang cukup populer di kalangan pengguna komputer. Lebih jelasnya, BC ini merupakan mata uang virtual yang sudah mulai dikembangkan pada tahun 2009 oleh seorang bernama Satoshi Nakamoto (nama samaran).

Mata uang ini seperti halnya Dollar ataupun Rupiah, namun hanya tersedia di dunia digital saja. Beberapa waktu yang lalu, dunia digegerkan oleh ransomware WannaCry yang bahkan menyerang beberapa instansi penting di Indonesia.

Untung saja, serangan virus yang datangnya secara massive dan terstruktur itu sudah bisa dihentikan. Sebagai pengingat saja, para hacker yang menyerang komputer tersebut meminta imbalan uang dalam bentuk BC. Mengapa mereka meminta dalam Bitcoin?

Baca Juga : Bark, Aplikasi untuk Pantau Obrolan Anak di Internet

Meskipun nilainya fluktuatif, namun saat ini 1 Bitcoin setara dengan USD 1. Bahkan lantaran kepopulerannya beberapa waktu yang lalu nilai 1 BC bisa mencapai puluhan juta Rupiah. Dan BC ini juga selayaknya uang pada umumnya bisa dimanfaatkan untuk pembelian barang (baik di toko online atau fisik yang menerimanya).

Berbarengan dengan semakin populernya bitcoin, kini juga ada mata uang digital lainnya yang turut naik daun yakni Ethereum. Saat ini Ethereum duduk sebagai mata uang digital terbesar kedua di dunia. Bahkan diklaim kepopulerannya mampu mengungguli Bitcoin selama empat bulan terakhir.

Bitcoin

Ethereum
Image by Inverse

Bukan tanpa alasan Ethereum dijagokan dapat mengungguli pesaingnya, karena Bitcoin hanya bisa beroperasi dengan perangkat lunak yang memilik nama blockchain. Sedangkan Ethereum bisa digunakan atau bekerja dengan perangkat yang disebut sebagai “smart contracts”, yaitu sebuah aplikasi yang mampu melakukan sebuah transaksi dengan kondisi yang telah diatur sebelumnya.

Jika penggunaan Bitcoin ini kedepannya berpotensi melibatkan banyak manusia dalam menyelesaikan masalah. Tentunya kondisi yang akan dijalankan oleh Ethereum akan berjalan sebaliknya. Bahkan Barclays pun tengah mengembangkan perangkat kontrak pintar sebagaimana banyak perusahaan besar dunia yang sudah menggunakannya sebut saja Microsoft, Intel, JPMorgan, dan masih banyak lagi.

Sumber: sciencealert.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account