Poster Film Berkonsep Minimalis Ala Pete Majarich

Velodrome – Poster film bioskop sebagian besar mempunyai ciri yang sama. Bagi desainer grafis Pete Majarich, desain-desain poster itu terlihat terlalu ramai. Sejak 2016, Majarich membuat proyek desain bernama “A Movie Poster A Day” yang akhirnya ia selesaikan pada April ini.

Ia mendesain ulang poster setiap hari sejak tahun lalu dengan konsep yang ia tawarkan, yakni minimalis. Ia berhasil membuat desain minimal sejumlah 365 poster dengan desain baru.

Kalau biasanya sebuah poster film memiliki pakem harus ada judul film, nama-nama artis pemeran utama, ditambah sebuah visual yang kuat mewakili sebuah adegan film. Tidak lupa dengan credit title yang berbaris rapi di bagian bawah untuk memasukan sebagian dari nama-nama yang terlibat dalam pembuatan film, seperti sutradara, scriptwriter, dan beberapa informasi penting lainnya.

Majarich mengabaikan itu semua.

Saat mencetuskan proyek desain ini, Majarich memang mempunyai ketertarikan terhadap perfilman. Sejak membentuk usahanya yang bernama “POP Culture and Minimalism”, Majarich memang mendalami pendekatan desain minimalis yang mewarnai karya-karyanya.

Poster Film Berkonsep Minimalis Ala Pete Majarich

Jadi ia pun berusaha membuat desain poster yang dianggapnya ramai itu menjadi minimalis namun tetap bisa menginterpretasikan film atau judul filmnya sendiri. Proyek mengubah desain umum yang memiliki banyak elemen menjadi sesuatu yang sederhana memberikan tantangan tersendiri bagi Majarich.

Jika melihat beberapa karya poster film minimalis yang sudah selesai dibuat, Anda akan menemukan elemen-elemen desain yang banyak dihilangkan. Bahkan, salah satu poster yang diadaptasi dari film Malcom X dan Frankenstein, MaJarich tidak menuliskan judul film tersebut. Poster itu hanya terdiri dari tipografi dan elemen grafis serta sedikit melibatkan warna-warna.

Poster Film Berkonsep Minimalis Ala Pete Majarich

Ada pula desain-desain yang mencantumkan foto yang merepresentasikan film dan gabungan beberapa elemen grafis tiga dimensi, dan fotografi. Beberapa contah lain yang menarik diantaranya adalah poster film Inception yang dibuat dalam bentuk GIF Image dimaksudkan untuk menampilkan layer yang menggambarkan lapisan mimpi.

Ada pula poster film Whiplash yang hanya terdiri dari tipografi dikombinasikan dengan bentuk sebuah drum beserta stick-nya.

Poster Film Berkonsep Minimalis Ala Pete Majarich

Bila Anda tertarik dengan poster-poster film karya Majarich, Anda bisa memilikinya loh. Karena Majarich menjual poster-poster film tersebut dengan rentang harga US$25-75.

Untuk mengetahui hasil karya Majarich, Anda bisa mengakses seluruh hasil poster melalui instagram @craftandgraft, atau melihat di akun tumblr miliknya. Kalaupun Anda tidak berniat membeli, karya majarich bisa menjadi inspirasi desain grafis Anda.

Sumber foto

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account