Ragam Cara Salam Yang Sopan Di Berbagai Negara

Velodrome – Pernah lihat kan bagaimana sopan santun orang Jepang ketika menyapa atau berkenalan? Membungkukkan badan seperti merukuk, merupakan sikap paling sopan dan wajib diketahui bagi para pelancong. Karena ini merupakan budaya tradisional Jepang yang memiliki banyak arti.

Sementara kalau di Negara lain bagaimana? Budaya sopan santun setiap negara pastinya berbeda. Indonesia dengan Jepang yang satu Benua saja berbeda. Apalagi budaya di Argentina atau di Eropa sana pasti berbeda-beda kan.

Kalau Anda mau melancong ke negara-negara lain, wajib untuk mengetahui budaya sopan santun yang umum dilakukan oleh negara-negara tujuan tersebut. Jangan sampai Anda dicap tidak paham sopan santun karena menolak dicium, karena ada negara yang memiliki budaya cium bibir sebagai sebuah sapaan atau budaya sopan santun!

Selalu ingat pepatah, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Walaupun Anda merasa sikap Anda sudah sopan seperti budaya di negara asal, namun menghargai budaya Negara tempat Anda berkunjung itu lah yang lebih penting.

maori-culture-hongi-greeting_10916_600x450-440x330

Bila Anda tengah bertemu dengan orang-orang suku asli Maoris di New Zealand, yang akan Anda saksikan adalah sapaan tradisional dengan bersentuhan hidung. Ya benar, kedua hidung dan jidat Anda ditempelkan sebagai sebuah sapaan.

Sementara di Rio Dejanero, Brazil, penduduk lokal memiliki budaya “cipika cipiki” (cium pipi kanan, cium pipi kiri) sebanyak tiga kali, bukan hanya dua kali kiri dan kanan. Berpindah ke wilayah Sao Paula, mencium bibir seperti mematuk itulah budaya sapaan disana. Sementara di Beijing, para penduduk local lebih memilih anggukan dengan senyuman sebagai budaya sopan santun yang biasa dilakukan.

Menggunakan mulut?

kissnew_2514897c

Di kebanyakan negara Amerika Latin, Eropa, dan Timur Tengah, memberi ciuman udara kepada orang asing merupakan hal wajar, namun di beberapa negara dan dalam kasus tertentu di beberapa region dalam sebuah negara tersebut memiliki kebiasaan tersendiri.

Di Argentina misalnya, para lelaki terbiasa berciuman pipi, namun hal ini dilakukan dalam batasan temannya teman. Di kawasan Arab, dua kali kecupan di udara merupakan keharusan namun hanya boleh dilakukan oleh mereka yang sesama jenis.

Budaya yang sedikit rumit ada di Prancis. Di kawasan Nantes, empat kali kecupan merupakan hal biasa, lalu di Toulouse dua kecupan, dan di Brest sekali kecupan saja cukup. Aturan umum yang penting adalah bibir tidak benar-benar mengenai pipi namun sertakan bunyi kecupan.

Di Eropa Utara kebanyakan budayanya menggunakan jabat tangan yang erat untuk orang-orang yang baru dikenal, dan sekali kecupan dari seorang teman.

1443763329740

Namun jabat tangan yang erat bukan lah kewajiban di daerah Rusia, justru sebenarnya hanya untuk mengetes kekuatan dari tangan yang dijabat. Dan ada mitos yang mengatakan kalau berjabat tangan diantara pintu merupakan hal yang tabu. Tunggu sampai ke dua belah pihak ada di sisi yang sama.

Nah kalau menggunakan budaya “cipika cipiki” kemana dulu sih Anda harus memulai?

Di Portugal, ciuman dimulai dari kiri ke kanan. Sementara di daerah Strasbourg, Prancis, dari kanan ke kiri.

Di Asia, ciuman dan bersentuhan dengan orang asing merupakan hal yang menjengkelkan dan aneh. Budaya menyapa yang benar di Thailand berupa gerakan membungkuk sembari mempertemukan ke dua telapak tangan dan menaruhnya di dada, serupa dengan gerakan ketika berdoa pada umumnya. Gerakan ini juga lumrah dilakukan di Kamboja.

charan-sparsh-benefits-568e543696a97_g

Di India, berjabat tangan lembut antar lelaki wajar dilakukan, namun jangan coba melakukannya dengan lawan jenis. Cara tradisional yang paling sopan dilakukan di negara asal Shah Ruk Khan tersebut adalah bila bertemu yang lebih tua yang muda harus membungkuk dan menyentuh kaki tetuanya.

Orang Tibet memiliki budaya yang berbeda dan tidak biasa. Untuk saling menyapa mereka lebih memilih dengan saling menjulurkan lidah, namun masih dalam jarak yang aman.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account