Segala Informasi Terkait Ransomware WannaCry yang Menyerang Dunia

Wannacry

Velodrome –Malware yang menyerang dunia secara massal ini dikenal sebagai WannaCry. Serangan hacker secara massive telah menyebar di berbagai penjuru dunia sejak Jumat (12/5/2017) yang lalu yang menyebabkan kerugian dan kekacauan di pemerintahan juga instansi.

Bagaimana tidak, hacker akan mengunci data di komputer dan menyebabkan layanan terganggu. Maka berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda tahu dari ransomware WannaCry ini.

Apakah Serangan Telah Berakhir?

Wannacry

Image by thehackernews.com

Dilansir dari fortune.com, pada Sabtu yang lalu ada seorang peneliti keamanan telah menemukan “kill switch” yang menghentikan ransomware dari penyebaran. Namun ternyata hal tersebut tidak serta merta membuat virus membahayakan ini berhenti.

Memang kill switch ini akan memperlambat penyebaran virus WannaCry, namun ini hanya beberapa saat saja. Seorang peneliti dunia maya dari Kaspersky Lab menyebutkan bahwa dalam beberapa jam saja, versi baru malware ini telah terdeteksi dan tidak bisa dihentikan dengan kill switch yang telah ditemukan sebelumnya.Para peneliti juga menyebutkan bahwa pada Senin ini, akan muncul serangan baru dari jenis virus yang sama.

Apa yang WannaCry Lakukan?

WannaCry ini merupakan virus yang benar-benar kejam. Bagaimana tidak, beberapa saat setelah sebuah komputer terkena virus ini, maka ia akan menyerang perangkat lainnya yang terhubung. Setelahnya maka komputer terinfeksi tidak akan bisa dioperasikan lagi.

Lantas hacker ransomware WannaCry ini akan meminta sejumlah tebusan kepada komputer yang telah terjangkiti. Setelah tebusan diberikan komputer akan terbebas dari serangan virus yang mematikan tersebut.

Siapa yang Jadi Target WannaCry?

Secara umum, virus ini akan mengeksploitasi kerentanan security dari sistem opersi Windows yang lebih tua, termasuk juga Windows XP. Microsoft sendiri telah mengeluarkan pembaharuan untuk sistem tersebut ada Jumat yang lalu, namun ternyata hal tersebut tidak serta merta menghentikan serangan.

Bahkan beberapa instansi penting contohnya saja Dinas Kesehatan Inggris, National Petroleum Corporation, dan juga Renault factories di Prancis menjadi korbannya.

Bagaimana Cara Melindungi Diri?

Wannacry

Image by Pexels.com

Bagi Anda yang saat ini memiliki sistem komputer versi Windows (XP, 8, ataupun juga Server 2003) atau yang lebih tua, segera install pembaharuan keamanan baru yang telah diluncurkan oleh Microsoft. Selain itu Anda juga harus berhati-hati dalam menerima apapun yang terkoneksi dengan internet, baik email, atau hal lain yang tidak biasa.

Apa Ada Perbaikan Setelah Komputer Terinfeksi?

Jawabannya adalah tidak. Hal tersebut dikarenakan belum ada alat untuk menghapus ransomware WannaCry. Tidak hanya itu saja, hacker ransomware ini begitu cepat melakukan modifikasi sehingga para peneliti dunia maya juga sedang bekerja keras untuk mencari penangkalnya.

Jadi bagi Anda atau instansi yang telah terkena ransomware ini dan telah dibebaskan, jangan senang terlebih dahulu. Bisa saja nanti menjadi umpan lanjutan dan meminta tebusan yang lebih banyak lagi.

Baca Juga : Hacker Cantik dan Ratu Keamanan Google, Parisa Tabriz

Dari Mana Asalnya Virus WannaCry ini?

Diyakini, virus yang menyerang dunia secara massive ini dibuat dengan bantuan (program yang dicuri) dari badan keamanan Nasional AS (NSA) yang dikenal sebagai EternalBlue. Yang sebelumnya pada April yang lalu kelompok hacker yang menyebutnya sebagai Shadow Brokers telah mencurinya.

Motif Dibalik Serangan dengn Virus Ransomware?

Untuk sementara waktu, banyak yang berspekulasi hacker melakukan serangan secara bertubi-tubi ke berbagai negara di dunia ini untuk menghasilkan uang. Bagaimana tidak, setiap mereka melakukan peretasan pada instansi, akan selalu minta tebusan diberi uang dalam bentuk Bitcoin.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account