Rayakan Hari Batik Nasional Di Mandiri Tjanting Run 2018

Whitewood – Untuk kalian mempunyai hobi lari atau menekuni olahraga ‘running’ dan ‘jogging’ jangan sampai  melewatkan event yang seru ini. Dalam rangka memperingati hari batik nasional, Yayasan Tjanting Batik Nusantara (TBN), kembali menggelar lomba lari ‘Mandiri Tjanting Run’ yang tahun ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang digelar di Jalan Sudirman di tahun 2016, Jakarta dan di Alam Sutera di tahun 2017, kali ini lomba lari ‘Mandiri Tjanting Run’  yang mengangkat tema ‘Together in Harmony’akan berlangsung pada hari Minggu, 7 Oktober 2018, dengan lokasi start/finish perlombaan berada di Sinar Mas Land, Green Office Park BSD Tangerang, dengan start pertama pada pukul 05:30.

Mandiri Tjanting Run 2018 merupakan gelaran lomba lari yang dipersembahkan kepada para pelari dengan pilihan kategori 5K dan 10k dengan tujuan mengajak para pelari atau runners untuk peduli dan semakin mencintai batik sebagai warisan kekayaan budaya.

Setelah mengangkat tema batik motif Mega Mendung di tahun 2016 dan motif Sawat di tahun 2017, kali ini Mandiri Tjanting Run mengangkat motif batik Jlamprang dari Pekalongan. Motif garis, titik dan bangun persegi pada batik Jlamprang ini memiliki kesamaan dengan kain Patola dari India. Hal ini menggambarkan akulturasi multi etnis yang pencapaiannya mampu memperkaya karya budaya negeri ini. Para pelari akan berlari dengan jersey motif Jlamprang dan suasana yang disuguhkanpun akan sarat dengan nuansa batik Jlamprang.

Dalam konferensi pers yang digelar pada 25 Juli 2018 lalu di Eat & Eat, FX Sudirman, Erna Laksamana, selaku Event Director Mandiri Tjanting Run mengungkapkan, “Memakai motif Jlamprang adalah memaknai harmoni dalam perbedaan yang ada, motif ini tercipta dari persatuan dan penerimaan akan perbedaan yang lebur dalam kekuatan bangsa.”

Sementara Safrita Aryana selaku Race Director Mandir Tjanting Run menjelakan tentang penambahan jumlah pelari hingga 3000 orang dimana setiap pelari akan mendapatakan jersey dan medali motif batik dengan desain khusus, “Ini menjadi perhatian kami untuk mengakomodir fasilitas terhadap lebih banyak pelari “.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut sejumlah komunitas lari seperti indorunners, uirunners, dan sejumlah komunitas pecinta olah raga lari lainnya.

Para peserta lomba ini diharapkan mengenakan jersey resmi bermotif batik Jlamprang untuk bersama mendukung sosialisasi batik Nusantara. Tersedia finisher medal dengan desain khas bernuansa batik Jlamprang bagi para pelari yang memasuki finish sebelum cut off time (COT). Tesedia kategori Open dan Master pada masing-masing jarak perlombaan.

Pendaftaran dapat diakses melalui www.tjantingfunday.com atau mengirimkan email ke [email protected]

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account