Resmi, Microsoft Berhenti Dukung Windows Phone 8.1

Resmi, Microsoft Berhenti Dukung Windows Phone 8.1

Velodrome – Terhitung sejak tanggal 11 Juli 2017 Microsof mengakhiri dukungannya untuk ponsel Windows Phone 8.1. Hal tersebut menandakan akhir dari era untuk smartphone Windows yang diperkenalkan pada 15 Juli 2014. Hanya tersisa dua operating sistem untuk mobile gadget sekarang, iOS dan Android.

AdDuplex mencatat saat ini ada 20 persen pengguna smartphone dengan OS Windows 10, 80 persen sisanya adalah pengguna Windows Phone (WP) 8.1 masih terhitung besar. Angka ini masih cukup besar mengingat setelah ini 80 persen pengguna Windows OS akan menggunakan sistem operasi yang tak lagi di dukung oleh siapapun.

Oleh sebab itulah, Microsoft terus berupaya untuk mendorong para pengguna WP 8.1 untuk memperbarui perangkatnya ke Windows 10 Mobile. Salah satunya dengan menggunakan Upgrade Advisor untuk membantu pengguna mengetahui apakah perangkat yang digunakan kompatibel atau cocok dengan sistem operasi baru tersebut.

Sementara informasi mengenai berhentinya dukungan Microsoft terhadap pengguna WP 8.1 sudah diketahui dari jadwal siklus sistem operasi Microsoft. Meskipun sudah resmi hentikan dukungan, belum bisa dipastikan sampai saat ini apakah Microsoft akan memberikan waktu tambahan bagi pengguna WP 8.1 untuk beralih ke Windows 10 Mobile atau tidak.

Sebagai informasi, WP 8.1 ini merupakan generasi ketiga Windows Phone yang diluncurkan pada tahun 2014 yang lalu. Banyak fitur canggih yang dirilis bersamaan dengan sistem operasi tersebut, contohnya saja Live Tiles, Office, serta asisten virtual yang dimiliki oleh Microsoft yakni Cortana. Cortana ini mirip seperti Siri dan Google Assistant.

Fungsi dari Cortana ini juga beragam, mulai dari kemampuan mengingat (sebagai pengingat) mengenali suara alami, dan berperan sebagai Bing (seperti kondisi cuaca, lalu lintas, skor olahraga dan juga biografi). Memiliki fungsi yang kurang lebih seperti asistant digital lainnya.

Dan bisa dibilang sejak merilis ponsel berbasis Windows 10, Microsoft memang mengusung unifikasi pada sistem operasinya. Jadi untuk pengalaman menjalankan Windows 10 tetap sama meskipun menggunakan perangkat yang berbeda.

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account