Review Film The Circle : Hilangnya Privasi dalam Era Internet

Review Film The Circle : Hilangnya Privasi dalam Era Internet

Velodrome – Bagi Anda yang aktif menggunakan media sosial dan technology savvy, Film The Circle wajib Anda tonton untuk mengetahui sebuah risiko dari perkembangan teknologi informasi. Disutradari oleh James Ponsoldt, The Circle diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Dave Eggers.

Inti cerita dari film ini merupakan sebuah refleksi dari sebuah fenomena sosial di era teknologi informasi khususnya perilaku manusia yang suka berbagi apapun tentang kehidupan mereka di media sosial. Bergenre Techno-Thriller film tersebut dibintangi oleh bintang cantik Emma Watson, dan aktor kawakan Tom Hanks.

Meskipun film ini dinilai sebagai sebuah reaksi yang berlebihan dari era media sosial, tetapi banyak yang menilai bahwa kemungkinan tersebut bisa terjadi. Sebuah majalah yang mengaji bidang seni, budaya, sekaligus berita, VICE, mengulas film ini sebagai “Total Loss of Privacy. It’s exaggerated but it’s may be quite true.

Jalan ceritanya dimulai saat Mae Holland (Emma Watson) direkrut untuk bekerja di sebuah perusahaan teknologi canggih bernama The Circle. Perusahaan itu dipimpin oleh CEO Eamon Bailey (Tom Hanks), Bailey memotivasi seluruh karyawannya untuk senyaman mungkin dalam bekerja dengan lingkungan yang terbuka.

Eamon Bailey membuat sebuah terobosan teknologi yang punya manfaat bagi kehidupan manusia di dunia.  Teknologi tersebut mampu mendeteksi kejadian di seluruh dunia. Tak di sangka-sangka setiap keputusan yang Eamon buat mempengaruhi kehidupan dan masa depan teman-temannya, keluarga bahkan kehidupan di dunia. Akibat teknologi tersebut, semua kejadian menjadi begitu transparan dan menimbulkan bahaya.

Novel The Circle karya Eggers pada awalnya memang menuai kritik dari berbagai pelaku teknologi dan pembaca. Bisa jadi begitu karena karya non-fiksinya dinilai sebagai satir dari kemajuan teknologi yang mencapai titik kulminasi saat tidak ada privasi lagi dari kehidupan pribadi seseorang.

Kerasnya kritik dari movie enthusiast dan pembaca, film ini diulas dengan rating yang cukup rendah. IMBD mengulas film The Cirlce dengan skor 5.2 dari 10. Bahkan, Rotten Tomatoes merangkum respon netizen dengan menyimpulkan film tersebut dengan nilai 16 persen.

Meskipun film ini membawa nama besar seperti Emma Watson an Tom Hanks, sebuah film tetap berpatok pada sebuah cerita. Jika ceritanya dianggap mengecewakan, film tersebut bisa saja tidak akan bertengger di tangga peringkat Box Office. 

Bagi Anda yang penasaran kenapa film ini banyak menuai kritik, tidak salahnya menonton atau membandingkannya dengan novel asli bila Anda sudah membacabya. Saat usai menonton, komentari film ini dari perspektif Anda terhadap kehidupan sosial di era teknologi informasi saat ini and put your comment down.

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account