Save Diagram Ini Untuk Memudahkan Metering Foto

Velodrome – Save diagram ini untuk memudahkan metering foto. Ingin mengambil foto dengan baik? Maka kita harus paham dengan tiga elemen dasar dari eksposur, yaitu Aperture, Shutter Speed dan ISO.

Aperture mengontrol cahaya yang melewati lensa kamera anda. Jika kita mengambil gambar dengan aperture dengan bukaan yang kecil, maka jumlah cahaya yang masuk pun sedikit. Ketika anda mengambil gambar di dalam ruangan yang cukup terang, bagaimana cara anda mengantisipasinya? simple, setting aperture dengan bukaan angka yang paling kecil.

Ukuran Aperture diukur dengan f-stops. F-stops yang besar berarti lubang aperture menjadi semakin kecil, dan f-stops yang kecilberarti lubang aperture pun terbuka lebar.

Sekarang  kita beralih ke shutter speed /kecepatan rana. Ini adalah durasi dari waktu shutter kamera yang terbuka untuk menangkap cahaya ke sensor kamera. Shutter speed diukur dari satuan per detik (fractions). Shutter speed yang cepat menangkap sedikit cahaya ke dalam sensor kamera dan digunakan untuk mengambil foto di siang hari atau high light.

Shutter Speed yang rendah menangkap banyak cahaya kedalam sensor kamera. Pastinya , Shutter Speed yang rendah digunakan untuk mengambil foto di malam hari.

Yang ketiga adalah ISO. ISO adalah tingkatan  sensitifitas kamera anda untuk menangkap cahaya. Biasanya ISO diukur dalam ukuran angka. Angka yang rendah menandakan sensitifitas yang rendah untuk cahaya, sedangkan angka yang tinggi meningkatkan sensitifitas untuk menangkap cahaya.

Kekurangan dalam meningkatkan sensitifitas adalah noise. Noise gambar akan muncul ketika kamu menaikkan settingan ISO di kameramu. Hasilnya, fotomu akan terlihat bintik-bintik.

Bagaimana cara mengambil foto yang baik? Gambar foto yang baik adalah gambar foto yang tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Tiga elemen eksposur : Aperture, Shutter Speed dan ISO harus bermain dengan baik. Let’s Say kita akan mengambil gambar pada siang hari pada jam 12:00.

Pastinya akan banyak cahaya matahari, jika settingan aperture anda rendah maka anda dapat mem-blokir cahaya yang berlebih. Hal ini berarti sensor kamera butuh cuup waktu yang lama untuk mengambil cahaya. Untuk mengumpulkan cahaya yang cukup, shutter kamera harus terbuka cukup lama. Dengan kata lain anda butuh shutter speed yang rendah.

Save diagram ini untuk memudahkan metering foto

simple diagram for metering lifehack.rg

Anda bisa lihat diagram diatas ini. Dari atas baris pertama menunjukkan ukuran aperture, dan baris kedua menunjukkan ukuran shutter speed, dan di baris ketiga menunjukkan ukuran ISO. Save gambar diatas untuk memudahkan anda dalam mengatur settingan eksposur anda.

Tidak semua orang mampu berhitung untuk metering sebuah kamera, diagram ini  memberi keterangan dengan lebih mudah dalam metering foto anda. Have a nice practice!

 

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account