Sebelum Nonton Deepwater Horizon Wajib Baca Ini Dulu

Sebelum Nonton Deepwater Horizon Wajib Baca Ini Dulu

Velodrome – Satu lagi film yang diangkat dari cerita nyata, Deepwater Horizon. Hari ini, Jumat (30/9) tayang secara serentak di bioskop-bioskop kesayangan Anda. Kritikan datang bertubi-tubi untuk film yang dibintangi oleh Mark Wahlberg dan Kate Hudson.

Kritikan tersebut beragam, ada yang memuji penampilan dari aktor-aktornya, ada pula yang memuji jalan ceritanya, dan yang ga ketinggalan adalah pujian terhadap Peter Berg sang sutradara yang mampu membangun kisah heroik.

http://www.nytimes.com/

Aksi Mark Wahlberg sebagai Williams, seorang tekhnisi perminyakan – http://www.nytimes.com/

Tapi, ternyata banyak juga yang bilang kalau ceritanya diawal-awal sedikit membingungkan. Wajar sih karena ini film dengan durasi yang terbatas jadi tidak banyak yang bisa diceritakan.

Nah sebelum Anda merealisasikan slogan T.G.I.F atau Thanks God It’s Friday dengan menonton film ini, ada baiknya Anda baca dulu nih fakta-fakta mengenai kejadian ledakan di kilang minyak lepas pantai Deepwater Horizon sebenarnya seperti apa.

Sedikit spoiler mungkin, Peter Berg mengangkat kisah ini dari kejadian nyata ledakan sebuah kilang minyak lepas pantai Deepwater Horizon. Imbas dari ledakan ini dinyatakan sebagai kecelakaan tumpahan minyak terparah sepanjang masa.

www.nytimes.com

www.nytimes.com

Film ini tidak menggali lebih dalam tentang apa yang salah, dan bagaimana ini bisa terjadi, lalu imbasnya bagaimana. Ini bukan dokumenter. Namun Peter Berg justru menceritakannya dari sisi lain. Sisi heroik seorang manusia lebih tepatnya.

Meski memiliki struktur konvensional disaster movie, Berg yang mengarahkan dari naskah Matthew Michael Carnahan dan Matthew Sand memvisikan filmnya sebagai sebuah penghormatan.

Hal ini terlihat dari tribute yang diberikan pada para korban di bagian credit title, yang ditujukan untuk menambah kesan emosional.

Agar Anda memiliki modal pengetahuan yang lebih ketika menonton nanti, berikut ini beberapa fakta yang harus Anda ketahui yang berkaitan dengan kisah nyata Deepwater Horizon.

Deepwater Horizon – British Petroleum (BP) – Transocean

Tumpahan minyak Deepwater Horizon ke Teluk Meksiko - nature.com

Tumpahan minyak Deepwater Horizon ke Teluk Meksiko – nature.com

British Petroleum Exploration & Production Inc. (BP) adalah operator atau pemegang konsensi blok yang terdapat sumur Macondo. BP adalah pemegang konsensi terbesar di laut dalam (deepwater) Teluk Meksiko Amerika.

Deepwater Horizon merupakan semi-submersible unit pengeboran lepas pantai milik Transocean yang disewakan kepada BP.

Dalam laporan berjumlah 52 halaman yang dipresentasikan oleh BP, perusahaan tersebut menyatakan “Tidak mungkin terjadi kecelakaan baik yang disengaja ataupun tak sengaja”, dan jika kecelakaan tersebut terjadi tanggapan mereka adalah “tidak ada dampak buruk yang signifikan”.

Ledakan Tersebut Mendatangkan Uang Untuk Transocean

Salah satu rig milik Transocean - www.offshoreenergytoday.com

Salah satu rig milik Transocean – www.offshoreenergytoday.com

Tragedi yang terjadi di rig milik Transocean yang disewakan ke BP tersebut memiliki “dampak positif” bagi pemilik rig. Bagaimana bisa?

Sebagai pemilik unit pengeboran minyak tersebut, Transocean mendapatkan penggantian asuransi yang mendatangkan profit bagi perusahaannya sebesar $270 juta.

Sampai Tahun 2015, Minyak Masih Tumpah

"Pantai minyak" imbas dari tragedi Deepwater Horizon - www.motherjones.com

“Pantai minyak” imbas dari tragedi Deepwater Horizon – www.motherjones.com

Tumpahan minyak Deepwater Horizon berlangsung selama 57 hari, selama waktu itu 210 juta galon minyak tumpah ke Teluk Meksiko. Dan hingga tahun 2015, setelah 5 tahun berlalu dari kejadian ledakan dan luapan, kemilau minyak dari tumpahan masih terlihat di lepas pantai Louisiana.

BP Dinyatakan Bersalah

www.slideshare.net

www.slideshare.net

Setelah melalui berbagai perdebatan dan persidangan, akhirnya pada tahun 2014 British Petroleum dinyatakan bersalah. Hakim Carl Barbier menyebut tindakan BP “sembrono”. Keputusan Hakim mengatakan 67% kesalahan terdapat di BP, 30% kesalahan ada pada Transocean, dan 3% berada di tangan kontraktor Halliburton karena dianggap lalai.

Dampak Dari Ledakan

www.tbo.com

www.tbo.com

Ledakan Deepwater Horizon merupakan tragedi ledakan dari kilang minyak yang terparah sepanjang sejarah Amerika. Selain menewaskan 11 orang kru rig, tragedi ini juga membawa dampak yang besar terhadap biota laut dan lingkungan sekitarnya.

Tragedi yang terjadi pada 30 April 2010 ini membuat lebih dari 600 spesies hewan terancam mati. Menurut investigasi yang dilakukan oleh Departemen Margasatwa dan Perikanan Louisiana dampak semakin memburuk ketika memasuki minggu kedua selepas ledakan.

Ahli biologi Louisiana, Robert Lover, mengatakan, pelikan coklat yang dijuluki ”si burung anggun” bertelur di pesisir pulau-pulau kecil di perairan Teluk Meksiko. Burung itu terancam mati karena memakan ikan yang tercemar minyak. Begitu juga kura-kura, katak, buaya, paus, lumba-lumba, manatee, tuna, hiu, kakap, dan tiram terancam mati jika minyak tidak dibersihkan.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account