Sekelumit Kisah Perjalanan Musik Dave Grohl

Whitewood – Sebagai drummer Nirvana dan anggota pendiri Foo Fighters, Dave Grohl selalu membuat gebrakan musik di genre rock alternatif mengalahkan para pendahulunya.

Bernama lengkap David Eric Grohl lahir 14 Januari 1969 membentuk band pertamanya pada usia 10 tahun. Dave putus sekolah tinggi gara-gara berkeinginan bermain dengan kelompok hardcore Scream sebelum audisi untuk Nirvana. Nirvana kemudian menjadi hit internasional. Setelah kematian penyanyi Kurt Cobain, Grohl membentuk band alternatif yang sukses secara komersial bernama Foo Fighters.

Dave Grohl 2

Masa muda

Musisi, penyanyi, penulis lagu, inilah Grohl. Pertama sebagai drummer di Nirvana dan kemudian sebagai frontman untuk Foo Fighters, Dave Grohl telah menjadi salah satu tokoh terkemuka di kancah musik rock dunia saat ini. Dia pindah dari Ohio ke Virginia ketika ia berusia tiga tahun. Putra seorang wartawan dan seorang guru bahasa Inggris, dia tinggal dengan ibunya dan kakaknya Lisa setelah orangtuanya bercerai saat itu berusia enam tahun.

Dave Grohl3

Kecintaan Grohl dalam bermusik muncul sejak kecil. Dia mulai bermain gitar. Pada usia sepuluh, Grohl membentuk H. G. Hancock Band dengan teman sebayanya. Tidak lama setelah ia diperkenalkan genre punk rock oleh salah satu sepupunya. Di sekolah tinggi, ia bermain dalam serangkaian band punk dan mulai menggunakan ganja sebagai hisapannya. Setelah putus sekolah di tahun pertama, ia bergabung dengan band hardcore berbasis di Washington DC bernama Scream. Grohl muncul pada tiga album dalam kelompok tersebut dan melakukan tur dengan mereka beberapa kali.

Nirvana

Selama satu tur, Grohl bertemu dengan salah satu personil dari Melvins, seabuah band punk.Di belakang panggung di sebuah acara Melvins, dia bertemu dengan Kurt Cobain dan Krist Novoselic dari Nirvana untuk pertama kalinya pada tahun 1990. Grohl sempat tidak berbicara apapun dengan bandmates yang nantinya bakal menjadi masa depannya malam itu. Namun berkat Buzz Osbourne dari Melvins, dia bisa mengikuti audisi untuk Nirvana akhir tahun itu. Saat Grohl dalam perjalanan ke Seattle, berharap untuk menjadi drummer baru Nirvana. Beberapa waktu kemudian, Begitu Grohl bermain untuk mereka, baik Cobain dan Novoselic berpikir jika dia akan sempurna untuk band mereka. “Dia adalah seorang pemukul keras. . . . begitu bright, begitu panas, ini sangat penting, “kata Novoselic, menurut buku Come As You Are: The Story of Nirvana oleh Michael Azerrad.

Nirvana in 1993 (from left): Kurt Cobain, Krist Novoselic, Dave Grohl.

Setelah bergabung dengan grup, Grohl sempat menumpang hidup bersama dengan Cobain untuk sementara waktu. Dia juga tinggal bersama Jennifer Finch dari alternatif Band. Beberapa waktu kemudian sebuah label besar tertarik pada Nirvana, menawarkan kontrak,ini menjadi sebuah kemajuan yang besar. Mereka akhirnya menandatangani dengan Geffen Records. rilis pertama di tahun 1991 Nevermind, menjadi hit besar, sebagian dipush oleh singlenya, “Smells Like Teen Spirit.” Sementara Kurt sebagian besar bertugas untuk penulisan lagu, ketiganya telah bekerja sesuai trek masing-masing, mereka menggabungkan unsur-unsur punk, metal, dan pop yang pada akhirnya keluar genre.

Dave Grohl1

Nevermind terjual lebih dari 4 juta kopi. Nirvana, raw, sound emosional, telah membantu meluncurkan apa yang disebut dengan movement grunge, yang sering diartikan dengan sebuah perasaan terasing dan frustrasi. Mereka membuka jalan bagi band-band lainnya, seperti Pearl Jam dan Soundgarden, untuk menjadi ternama.

Kejadian Bunuh diri Cobain

Tekanan yang datang dengan semua keberhasilan yang sangat membebani grup, terutama Cobain yang tenggelam kedalam penyalahgunaan narkoba. Hubungan Cobain dengan penyanyi Courtney Love juga menjadi sebuah tekanan tambahan untuk Nirvana. Di luar band, Grohl mengumpulkan proyek solo, merekam beberapa lagu untuk kaset dengan melepaskan proyek yang diberi nama Pocketwatch.

nirvana_dave 1

Nirvana membuat lagi album studio berjudul In Utero (1994). Rolling Stone menyebutnya “brilian, korosif, kemarahan dan bijaksana.” Sementara Cobain menulis lirik, Novoselic dan Grohl membantu menulis musiknya dengan hits “Scentless Apprentice.”  Cobain semakin jauh dan menjadi sangat tertekan. Dia mencoba bunuh diri dengan mengambil overdosis obat pada Maret 1994 di Roma saat istirahat selama tur Eropa. Pada tanggal 6 April 1994, akhirnya Cobain bunuh diri di rumahnya. Setelah kematian Cobain, anggota yang tersisa dari Nirvana memenangkan Grammy Award untuk merekam live mereka di MTV Unplugged disebut di New York (1994).

Foo Fighters

Setelah Nirvana, Grohl membentuk Foo Fighters. Awalnya, ia mengisi seluruh musiknya pada album debut 1995 self-titled, bermain sebagian besar instrumen, menyanyikan vokal, dan menggunakan lagu-lagu yang ditulisnya saat masih bersama Nirvana. Rekamannya mendapat respon positif dengan menelurkan dua hit rock modern, “This Is A Call” dan “I’ll Stick Around,” serta “Big Me,” yang juga masuk di tangga lagu top. Ketika saatnya untuk tur, Grohl membawa bassis Nate Mendel dan drummer William Goldsmith dan gitaris Pat Smear (yang telah menjadi bagian dari tur terakhir Nirvana).

Foo Fighters at the Polo Fields, Golden Gate Park in San Francisco, California (Photo by Kevin Mazur/WireImage)

Foo Fighters merilis kembali album , The Colour and the Shape, keluar pada tahun 1997. Pada saat ini, Goldsmith resmi berhenti dan digantikan oleh Taylor Hawkins. Album ini berhasil mencapai sepuluh puncak tangga lagu album dan menampilkan lagu seperti “Monkey Wrench,” “Everlong,” dan “My Hero.” Mengulangi prestasi ini dengan tahun 1999 ini tidak ada yang tersisa, Foo Fighters memenangkan awards pertama mereka Grammy Award untuk Best Rock album pada tahun 2000. album ini memiliki satu pun yang memisahkan diri di “Learn to Fly,” dan video untuk lagu memenangkan kelompok pertama mereka Grammy Award pada tahun 2000 untuk Best Short Form Music Video.

Foo Fighters

Pada tahun 2002, Chris Shiflett masuk ke FF. Untuk waktu yang singkat, Franz Stahl dari Scream pun mengisi kekosongan Smear setelah ia meninggalkan band. Lagu mereka, “All My Life” dari One by One melakukannya dengan baik di genre pop dan rock hingga meraih Grammy Award untuk Best Hard Rock Performance. Tahun berikutnya seluruh rekaman pun memenangkan untuk Best Rock Album.

Album mereka Echoes, Silence, Patience dan Grace, keluar pada musim gugur 2007. “Band ini telah mengambil segala sesuatu dan melakukan yang terbaik, dari giddy power pop. . .to country-tinged musings. . .to wistful acoustic ballads . . . hingga membawanya ke tingkat berikutnya, “menurut review di Entertainment Weekly.

dave grohl 9

Di luar musik, Grohl merupakan seorang ayah serta seorang suami setia. Dia telah menikah dengan produser televisi Jordyn Blum sejak tahun 2003. Pasangan ini dikaruniai seorang anak perempuan bernama Violet, pada tahun 2006. Sebelum itu Grohl pernah menikah dengan fotografer Jennifer Youngblood tapi belum dikaruniai anak.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account