Selamat Ulang Tahun Pak Bagong Kussudiardja

Velodrome – Untuk memperingati hari lahir nya yang ke 89, Google Doodle hari ini mengangkat sosok seniman dari Yogyakarta, yaitu : Bagong Kussudiardja. Di Google Doodle hari ini, terlihat gambar ilustrasi pak Bagong yang sedang duduk memegang kuas, dan handuk putih yang menggantung di sekitar lehernya, serta beberapa karya lukisan di belakangnya.

Selamat Ulang Tahun Pak Bagong Kussudiardja

Bagong Kussudiardja

 

Bagong Kussudiardja atau yang lebih dikenal sebagai “Bagong” adalah seorang Coreographer (penari), Pelukis, Sculptor (Pematung), serta penyair. Beliau lahir di Yogyakarta 9 oktober 1928 dan wafat di Yogyakarta pada tanggal 15 Juni 2004.

Bagong belajar seni  melalui Sekolah Tari Kredo Bekso Wiromo, yang dipimpin oleh Pangeran Tedjokusumo, salah seorang seniman Tari ternama di Yogyakarta.  Di sekolah seni inilah dia jatuh cinta dengan dunia seni, sehingga menjadikan dia seorang seniman yang cukup militan untuk mengajar seni.

Selamat Ulang Tahun Pak Bagong Kussudiardja

Patung Bagong Kussudiardja dia dalam Padepokan Seni Bagong Kussudiardja

 

Beliau mendirikan Pusat Latihan Tari yang sekarang bernama Pusat Latihan Tari Bagong Kussudiardja di jalan Ringroad Yogyakarta.  Seluruh penari datang dari penjuru Indonesia dan mereka belajar tari di PLT ini, mereka hidup menghabiskan waktu untuk belajar lebih dalam untuk mempelajari  seni tari dan segala filosofinya.

Lebih dari 200 tari telah beliau ciptakan, dalam bentuk tunggal atau massal, diantaranya; tari Layang-layang (1954), tari Satria Tangguh, dan Kebangkitan dan Kelahiran Isa Almasih (1968), juga Bedaya Gendeng (1980-an).

Nggak cuma itu, Pak Bagong pun mendirikan Sebuah padepokan seni, yang bernama Padepokan Seni Bagong Kussudiardja yang bertempatan di tempat kelahirannya yaitu Dusun Kembaran, Tamantirto, Kasihan, Bantul, kurang lebih 10 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.Padepokan Seni ini didirikan pada 2 Oktober 1978 sebagai lembaga pendidikan kesenian non formal yang meliputi tari, karawitan, teater, ketoprak, musik dan lain sebagainya.

 

Selamat Ulang Tahun Pak Bagong Kussudiardja

Butet Kartaredjasa

 

 

Selamat Ulang Tahun Pak Bagong Kussudiardja

Djaduk Ferianto

 

Pak Bagong mempunyai 7 orang anak, 4 putri dan 3 putra, diantara mereka mengalir darah seni yang cukup kental, dan menjadi seniman terkenal di tanah air.Dua diantaranya : Butet Kartaredjasa dan Djaduk Ferianto. Dimana Butet Kartaredjasa adalah seorang comedian yang berangkat dari seni theater, dan Djaduk Ferianto adalah seorang aktor, sutradara dan seorang musisi.

Untuk tarian dan koreografi mungkin adalah salah satu Ranah yang beliau kuasai, namun untuk lukisan, Pak Bagong pun cukup terkenal dengan beberapa gaya lukisannya, mulai dari lukisan batik sampai lukisan dengan gaya Impressionis, abstrak dan realis.

Google menyebut Bapak Bagong Kussudiardja sebagai javaneese avant garde artist. Dalam bahasa Inggris avant garde merupakan bentuk kata sifat yang merujuk kepada orang atau karya yang bersifat kreatif, unik, dan eksperimental atau inovatif dalam desain serta teknik pengerjaannya, terutama sebagai bentuk penghormatan terhadap kultur atau kebudayaan, seni dan politik.

Selamat ulang tahun Pak Bagong!

 

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2017 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account