Simak Kecanggihan Lima Inovasi untuk Teknologi Kesehatan

Simak Kecanggihan Lima Inovasi untuk Teknologi Kesehatan

Velodrome – Gelaran konferensi Communication System and Networking atau COMSNETS Indonesia yang dihelat Kamis dan Jumat silam sempat membahas teknologi kesehatan atau medical technology. Isinya membahas tentang bagaimana perkembangan teknologi dan inovasi di bidang kesehatan yang keberadaannya sangat memudahkan tak hanya praktisi bidang kesehatan namun juga masyarakat umum.

Berikut ini lima innovasi teknologi kesehatan yang sudah diciptakan dan beberapa bahkan sudah digunakan di negara-negara maju.

1. Pil Kamera

Simak Kecanggihan Lima Inovasi untuk Teknologi KesehatanPil kamera ini berbentuk seperti pil obat yang memiliki kamera dengan ukuran yang lebih kecil dari kamera di smartphone kita. Bayangkan sekecil apa kamera ini. Ukurannya yang kecil berbanding terbalik dengan manfaatnya yang besar yaitu bisa melihat ke dalam sistem pencernaan untuk mendeteksi adanya gangguan.

2. Pendeteksi Darah

Simak Kecanggihan Lima Inovasi untuk Teknologi KesehatanDengan teknologi kesehatan yang terus berkembang, lewat sudah hari-hari dimana untuk mendeteksi darah atau tes darah dalam jumlah besar dibutuhkan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari. Berkat adanya teknologi microfluidic blood test ini hasil bisa didapatkan dalam beberapa menit saja. Uji kehamilan, mengecek kadar glukosa, dan diabetes pun bisa menggunakan alat canggih ini.

3. Pelacak Glukosa

Simak Kecanggihan Lima Inovasi untuk Teknologi KesehatanPenderita diabetes yang membutuhkan monitoring ketat atas kadar glukosa dalam darah akan dimudahkan dengan adanya teknologi pelacak glukosa ini. Bahkan gadget yang satu ini tidak membutuhkan darah sama sekali untuk terus menerus melakukan pemantauan terhadap tubuh.

Jarum yang sangat kecil serta benda elektronik yang dibuat menyerupai tinta membuat gadget ini nampak seperti perban canggih yang bisa memonitor kadar gula darah, hidrasi tubuh, serta tingkat stres melalui kulit.

4. Ultrasound Mini

Simak Kecanggihan Lima Inovasi untuk Teknologi KesehatanTerinspirasi dari teknologi yang awalnya hanya digunakan untuk kapal selam, beratnya lebih dari 100 kilo, kini diciptakan dengan bentuk yang tak lebih besar dari smartphone kesayangan. Benda kecil ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi kanker dan memantau kehamilan.

5. Wireless Charging Peacemaker

Simak Kecanggihan Lima Inovasi untuk Teknologi KesehatanTeknologi jarak jauh dan nirkabel semakin dibutuhkan, salah satunya alat pacu jantung atau peacemaker yang yang harus ditanam dalam tubuh manusia. Bayangkan kalau sesekali harus dikeluarkan untuk dicas, berapa biaya yang dibutuhkan dan waktu yang harus dibuang? Dengan teknologi nirkabel situasi seperti itu bisa dihindari.

Selain teknologi peacemaker ada pula manfaat dari teknologi nirkabel untuk bidang kesehatan yaitu untuk Laser angioplasty, menggunakan kateter serat optik, sensor tekanan forceps, Digital imaging sistem biopsi payudara, kursi roda yang dikendalikan suara, bahan untuk lengan dan kaki buatan, alat untuk operasi katarak dan masih banyak lagi.

Nah itu dia lima gadget teknologi kesehatan yang diciptakan untuk menunjang para pakar kesehatan dalam mengobati pasiennya. Tujuannya sudah pasti untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, dan lebih jauh lagi sebagai solusi teranyar dalam menghadapi kasus-kasus kesehatan yang sebelumnya membutuhkan prosedur yang rumit.

Teknologi mana yang paling kamu sukai, tulis dalam kolom komentar ya..

 

1 Comment
  1. Anselmo 1 month ago

    pil camera

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2017 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account