Singapura Mulai Terapkan Robot Satpam di Lapangan

Singapura

Velodrome – Singapura baru-baru ini dikabarkan mulai menggantikan peran penjaga keamanan dengan sebuah robot yang sangat canggih. Robot penjaga keamanan atau disebut juga robot patroli ini diproduksi oleh sebuah perusahaan jasa keamanan bernama Ademco. Robot ini bisa menjadi solusi yang sangat berguna untuk mengatasi kekurangan jumlah tenaga keamanan di Singapura.

Robot patroli ini memiliki ciri-ciri setinggi 1,6 meter, dua kamera depan, lima kamera di leher panjang dan memiliki roda empat. Roda inilah yang akan membuat robot patroli bisa bergerak secara leluasa.

Apa saja keunggulan dari robot ini?

Robot ini bisa berputar 360 derajat dalam radius hingga 10 meter, merekam pelat nomor kendaraan, dan akan mengirimkan sinyak ke pusat komando selama 24 jam jika mendeteksi adanya keadaan tidak normal seperi halnya kebakaran ataupun gangguan yang lainnya.

Robot ini bisa disewa dengan  mudah di Ademco. Siapa yang sangka jika robot keamanan yang cukup canggih ini dibuat oleh SMP Robotics yang berbasis di Sans Fransisco. Robot ini juga dirancang sedemikian rupa sehingga akan sesuai dengan iklim tropis yang terdapat di Singapura. Ademco sebagai pihak penyedia robot keamanan ini berharap jika apa yang diberikan oleh mereka ini bisa menambah tenaga keamanan.

Pihak perusahaan bisa mengeluarkan biaya sampai 8.000 dollar Singapura atau setara dengan Rp 75,5 juta setiap bulannya untuk dua buah robot keamanan yang bekerja selama 12 jam per hari. Dan sementara itu untuk robot yang digunakan hampir sepanjang hari (dikurangi dengan saat isi baterai) bisa menghabiskan biaya sebesar 500 dollar Singapura atau sekitar Rp 4,5 juta.

Tentu saja kelebiha lainnya yang dimiliki robot ini utamanya adalah tak kenal lelah. Tidak seperti manusia yang memang memiliki daya tahan tubuh. Sebelumnya dikabarkan jika Singapura kekurangan penjaga keamanan dan harus merekrut personil dari Taiwan untuk anggota tambahan.

Baca Juga : Robot Layaknya Gundam Ini Telah Dikembangkan Korea Selatan

Direktur Penjualan dan Marketing Ademco menyebutkan jika robot ini bisa menggantikan peran manusia sebagai penjaga keamanan. Karena selama ini diketahui banyak satpam manusia yang cenderung keluar-masuk dari tempat kerja lantaran kelelahan, dan robot ini tidak akan seperti itu.

Sumber : Tekno Tempo

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account