5 Cara Agar Smart City Tetap Aman dari Serangan Peretas

Smart City

Velodrome – Smart City sekarang ini tengah mulai diterapakan di berbagai kota besar di Indonesia. Dengan penerapan yang jumlahnya cukup banyak ini, haruslah diimbangi dengan sistem keamanan cyber yang mumpuni. Sebut saja, pada tahun 2016 yang lalu, Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat telah kebobolan oleh peretas, sementara Bangladesh Bank juga berhasil dibobol dengan kerugian mencapai USD 81 juta.

Tidak hanya itu saja, Karspersky Lab, sebuah cyber security dan penyedia antivirus menyebutkan jika 45 persen daerah di Timur Tengang, Turki, dan juga Afrika dilaporkan mendapatkan serangan keamanan di internet. Oleh sebab itulah sebagai salah satu negara yang mulai menerapkan Smart City, Indonesia perlu waspada agar sistemnya tetaplah aman. Dilansir dai Devex.com, berikut ini beberapa tindakan yang bisa diterpakan di Smart City agar tetap aman.

Menerapkan Kebijakan Keamanan Cyber

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Smart Cities Council dan perusahaan tekhnologi Cisco menemukan hanya sekitar sepertiga dari kota yang disurvei saja yang memiliki kebijakan keamanan dunia maya. Sementara yang sepertiga lainnya masih kebijakan yang berlaku di departemen tertentu saja.

Dan sisanya tidak ada kebijakan kemanan yang berlaku sama sekali. Dan hal inilah yang menjadikan potensi diretas semakin tinggi. Jika hal ini terjadi, para hacker bisa saja bermain-main dengan sistem kelistrikan, sistem air dan lain sebagainya. Oleh sebab itulah Jesse Berst selaku chairman Smart City Council yang berbasis di Amerika menyebutkan perlu sekali adanya kebijakan keamanan dunia maya.

Membuat Manusianya Cerdas Juga

Tidak hanya kotanya saja yang dituntut untuk menjadi Smart City, melainkan juga para penduduknya. Seringkali para individu ini secara ceroboh membocorkan informasi yang digunakan untuk peretasan. Selain itu human error juga merupkan ancaman yang cukup besar bagi kota-kota di dunia yang menerapkan Smart City. Masalah password juga cukup penting agar tidak mudah dibobol oleh para hacker. Oleh sebab inilah, para manusia juga perlu dididik agar bisa berdampingan dengan baik bersama berkembangnya Smart City.

Memelihara Perangkat Internet of Things

Image by information-age.com

Hal lainnya yang perlu dilakukan oleh para penduduk Smart City adalah memelihara ‘keremajaan’ perangkat Internet of Things (IoT). Perlu dilakukan pembaharuan-pembaharuan secara berkala, baik itu software ataupun juga hardware. Hal ini perlu dilakukan sebagai bentuk pencegahan terjadinya peretasan melalui sistem IoT. Tidak hanya perangkat Smart City saja, para penduduk juga perlu mengupdate smartphone agar tidak bisa dibobol dengan mudah.

Bekerjasama dengan Perusahaan yang Berpengalaman

Guna membuat Smart City jadi lebih aman dan terkendali, sebuah kota perlu bekerja sama dengan perusahaan yang telah berpengalaman. Sebagai informasi, perusahaan-perusahaan besar seperti halnya Microsoft, Amazon, Web Service, dan beberapa diantaranya yang selama ini bergelut dengan masalah kemanan dunia maya bisa ‘meminjamkan’ keahlian mereka kepada badan-badan pertahanan ataupun juga bank-bank. Oleh sebab itu, mereka yang sekarang menerapkan Smart City perlu untuk bekerja sama dengan perusahaan yang telah memiliki rekam jejak yang bagus di dunia keamanan cyber.

Baca Juga : OneSmile App, Wujud Nyata Digital Smart City di Indonesia

Lebih Berpatokan Kepada Standar Terbuka

Tidak bisa dipungkiri, Wali Kota di suatu daerah terkadang ingin memiliki sistem yang cerdas nan eksklusif untuk daerah yang dipimpinnya. Namun, penggunaan sistem yang eksklusif ini bisa menimbulkan masalah nantinya. Jika mengacu kepada standar yang lebih terbuka dan digunakan secara global, masalah-masalah keamanan yang datang akan bisa diatasi dengan cepat dan tepat. Dan jika menggunakan eksklusif standar, maka kota itu haruslah mengatasi masalah secara mandiri.

Untuk mengetahui lebih mendalam permasalahan smart city, hadiri konferensi tahunan COMSNETS yang akan diselenggarakan pada bulan Mei 2017 di Jakarta. Beberapa pakar seperti Prof. Dr. Suhono H. Supangkat dan Dr. Archan Misra akan membedah topik khusus mengenai smart city. Bila Anda tertarik silahkan klik tombol dibawah ini untuk mendaftar.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account