Hati-Hati, Smart TV Bisa Diretas Lewat Siaran Digital

Hati-Hati, Smart TV Bisa Diretas Lewat Siaran Digital

Velodrome – Smart TV kini telah menjadi tren baru dalam kehidupan berumah tangga. Jika dahulu untuk mengakses internet masih harus menggunakan ponsel atau perangkat komputer, maka kini dengan Smart TV Anda bisa berseluncur di dunia maya.

Namun sayang, kecanggihan ini tidak didukung dengan sistem keamanan yang baik. Berdasarkan sumber yang dilansir dari Kompas Tekno, peretasan ini dilakukan melalui kode jahat yang disisipkan dalam siaran digital yang masuk ke dalam televisi.

Informasi mengenai peretasan melalui TV Pintar ini diungkap oleh seorang peneliti keamanan dunia maya bernama Rafael Scheel. Menurutnya, kode jahat untuk peretasan ini bisa masuk ke dalam Smart TV melalui lubang yang terdapat di perambah dalam perangkat tersebut. Selanjutnya, kode peretasan tersebut akan berusaha menyusup ke root-level access dan masuk ke berbagai perintah secara virtual.

Efek yang terjadi ketika kode jahat atau kode peretasan tersebut sudah masuk, maka TV Pintar yang Anda miliki akan dikuasai dan bisa dikendalikan sesuka hati oleh si peretas. Scheel pun menambahkan jika peretasan menggunakan sinyal ini dapat dipakai untuk menyerang dua TV Pintar terbaru keluaran Samsung dan tidak menutup kemungkinan dapat digunakan untuk meretas TV Pintar merek lainnya.

(Baca Juga : Keyboard Nirkabel Tak Kasat Mata, Mungkinkan Anda Mengetik Dimanapun)

Untuk menghindari serangan peretas, hindari siaran digital dengan format DVB-T (Digital Video Broadcasting – Terrestrial) ataau HbbTV (Hybrid broadcast broadband TV). Karena sesungguhnya serangan ini bersifat spesifik hanya bisa dilakukan lewat siaran tersebut dan siaran yang terhubung secara langsung dengan internet.

Saat ini Indonesia telah menggunakan adopsi format siaran digital DVB-T dan masih ada beberapa negara lain yang juga mengadopsi siaran yang serupa, yakni Malaysia, Kroasia, dan Jerman. Namun Anda tak perlu panik, karena salah satu ‘syarat’ berhasilnya peretasan adalah TV Pintar harus menerima saluran TV DVB-T sekaligus terhubung dengan internet dalam waktu yang bersamaan.

Tapi setidaknya penemuan yang dipaparkan oleh Scheel ini memberikan peringatan dini kepada kita semua bahwa TV Pintar yang ada di rumah bisa dibobol oleh para peretas di luar sana. Untuk itulah kita setidaknya perlu  melakukan proteksi dengan melakukan pembaharuan software secara berkala atau lain sebagainya.

 

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account