Seberapa Pentingkah Soundtrack dalam Runway Fashion?

Seberapa Pentingkah Soundtrack dalam Runway Fashion?

Velodrome – Setiap pertunjukan fashion kebanyakan mempunyai soundtrack atau musik yang mengiringi para model saat berjalan di catwalk. Meskipun saat ini sudah banyak latar runway show menggunakan narasi tanpa musik, tetapi kebanyakan desainer masih menganggap musik sebagai sebuah kewajiban.

Jadi sebenarnya seberapa pentingkah soundtrack dalam pertunjukan fashion runway?

Hal yang paling penting dalam fashion show tentu koleksi para desainer yang dipertontonkan. Namun, musik bukan berarti elemen yang diabaikan. Set design, pencahayaan, dan tentunya musik menajdi suatu kesatuan dalam elemen runway show.

Editorial Director The Cut, Stella Bugbee mengungkapkan, soundtrack dalam runway dapat mengidentifikasi suatu era yang spesifik dan sejarah yang mewakili koleksi para desainer mengadakan pertunjukan fashion. Sebuah lagu dan musik latar yang dipilih oleh para tim kreatif rumah mode atau desainer juga akan menggambarkan sebuah mood dalam koleksi itu.

Seberapa Pentingkah Soundtrack dalam Runway Fashion?

Image : Versace

Go-to Music Director Tom Ford, Rene Arsenault menjelaskan, soundtrack adalah sebuah alat yang dapat menguatkan plot cerita dalam sebuah koleksi mode ketika presentasi runway berdurasi sekitar 12 menit naratif.

Director of Auckland-based fashion Agency Ciel PR Chris Lorimer setuju dengan pendapat Arsenault. Lorimer yang kerap memproduksi sebuah fashion show menilai bahwa soundtrack adalah “extention of the styling“.

Musik tidak hanya membantu desainer untuk menceritakan narasi dari sebuah koleksi tetapi juga memberikan pengaruh bagaimana penonton menginterpretasikan cerita dalam koleksi itu. “Do we want the to laugh or cry? The music decides that,” ungkapnya melalui FQ.

Berdasarkan pengalaman Lorrimer, proses untuk mengembangkan sebuah soundtrack sangat beragam dari desainer ke desainer lainnya. Hampir semua pekerjaan mengenai musik latar  runway dikerjakan secara kolaboratif. 

Soundtrack terbaik dalam pertunjukan mode adalah musk yang dapat merepresentasikan tema koleksi. Ini bukanlah pekerjaan mudah karena desainer belum tentu memiliki sense musical. Maka, pekerjaan ini pun diserahkan kepada music director.

Soundtrack dalam runway bisa saja membekas bagi para penonton karena musik yang disajikan dapat menambah koleksi yang ditampilakan semakin menarik. Musik akan mengantarkan pada bagus tidaknya sebuah fashion show. Para music director pun juga belajar dari kesalahan jika musik yang disajikan ternyata tidak menimbulkan impresi takjub diantara penontonnya.

Jika soundtrack runway tersebut berhasil, penonton pun akan menanyakan siapa yang mengerjakan lagu dan musik itu.. “Fashion and beauty is in the ear od the beholder”, terang Lorimer.

Pada akhirnya, musik dari runway ke runway akan mengidentifikasi energi dari para desiner, bagaimana atittude dari sebuah beauty yang diperlihatkan dalam koleksi. It’s not just a regular gig. Bukan hanya kebutuhan panggung saja. Bukan sembarangan musik, dan asal main saja.

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account