Spanyol Buat Robot Bayi yang Bisa Bernafas dan Makan

Robot Bayi

Velodrome – Sebuah startup asal Spanyol baru-baru ini membuat gebrakan dengan menelurkan sebuah robot bayi manusia yang mampu bernafas dan makan. Sepertinya benar prediksi orang-orang terdahulu yang menyebutkan di masa depan akan banyak sekali robot-robot yang menggantikan peran manusia.

Sekarang saja sudah banyak robot-robot yang ditugaskan untuk menggantikan peran manusia, contohnya saja robot keamanan, robot pelayan restoran dan lain sebagainya. Para robot tersebut bukan hanya menggantikan manusia dalam hal kemampuan namun juga bentuknya yang dirakit mirip dengan manusia.

Sebagaimana yang dilansir dari Huffington Post, sebuah startup robotic yang berasal dari Spanyol, Babyclon, menciptakan robot animatronic. Robot ini bahkan memiliki bentuk yang nyaris sama dengan fisik bayi sungguhan.

Babyclon telah memamerkan robot bayi ini pada sebuah gelaran pameran robot yang diadakan di Bilbao pekan yang lalu. Nyaris seperti manusia, robot bayi ini bahkan bisa bernafas dan juga memiliki denyut jantung. Para pemilik bisa menggendong bayi dan juga memberinya makan, layaknya bayi manusia.

Image by zetizen.com

Robot bayi ini memiliki fungsi layaknya bayi manusia yang harus dirawat, diberi makan, minum dan juga digendong. Jika tidak dirawat dengan baik, bayi robot ini akan menangis. Selain bentuknya yang begitu identik dengan bayi manusia, robot bayi ini juga memiliki kulit yang halus, seperti sungguhan.

Kulit bayi ini terbuat dari material silicon premium yang elastis dan juga fleksibel. Tujuan utama Babyclon membuat robot bayi ini adalah agar para mahasiswa yang mengambil jurusan kedokteran anak bisa lebih dalam ketika mempelajari anatomi bayi.

Baca Juga : Robot Layaknya Gundam Ini Telah Dikembangkan Korea Selatan

Selain itu, bisa juga digunakan sebagai media berlatih bagi ibu yang sedang hamil untuk merawat calon bayinya kelak agar si calon ibu tak lagi merasa kikuk ketika bayinya telah lahir. Pun robot ini dibuat sebagai teman bagi penderita dementia.

Bahkan dapat digunakan sebagai sarana terapi penghilang trauma bagi ibu yang baru saja mengalami keguguran. Robot bayi ini akan dipasarkan di wilayah Amerika dan Eropa. Namun hingga kini masih belum ada informasi apakah robot tersebut akan juga dipasarkan ke benua lainnya.

Harga untuk satu buah robot bayi tidaklah murah, Anda perlu merogoh kocek sekitar USD 5.000 atau setara dengan Rp 66 juta untuk satu unitnya. Harganya memang dinilai cukup mahal namun rasanya setimpal dengan manfaat yang diberikan bagi mereka yang memang membutuhkannya.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account