Teknologi Augmented Reality Akan Kalahkan Virtual Reality

Velodrome – Kehadiran game Pokémon GO membuka banyak mata untuk menyadari kehadiran teknologi Augmented Reality (AR). Saat ini popularitas AR memang masih jauh dibandingkan Virtual Reality (VR) yang telah dilengkapi dengan perangkat pendukung mereka, seperti Oculus dan Gear VR.

Namun CEO Apple Tim Cook justru punya pendapat yang berbeda, menurutnya AR justru punya potensi yang lebih besar untuk sukses dari sisi komersial bila dibandingkan dengan VR.

Alasannya karena AR membuat kita bisa tetap menjalani aktivitas sehari-hari, berbicara dengan orang lain, namun ada benda lain yang bisa sama-sama kita lihat,” ujar Cook.

http://www.edudemic.com/

Teknologi Augmented Reality. Sumber : www.edudemic.com

Tim Cook pun tidak memungkiri bahwa VR memang sangat menarik untuk beberapa bidang, seperti game dan pendidikan. Namun menurutnya tidak setiap orang akan tertarik kepada VR dan seiring berjalannya waktu akan memudar.

Rasanya jika hal ini terjadi maka akan menjadi sebuah sebuah ironi, karena saat ini ada begitu banyak perusahaan yang justru menginvestasikan tenaganya untuk mengembangkan VR. Sebagai contoh HTC dengan HTC Vive, Microsoft dengan Hololens, Facebook dengan Oculus, Samsung dengan Gear VR bahkan Google.

Teknologi Virtual Reality. Sumber : static1.techinsider.io

Teknologi Virtual Reality. Sumber : static1.techinsider.io

Google telah memulai pengembangan VR dengan aplikasi dan perangkat Cardboard. Pada Google I/O tahun 2016 ini, mereka bahkan meluncurkan sebuah perangkat dan platform VR baru yang bernama Daydream.

Hal yang berbeda justru dilakukan oleh Apple yang hingga saat ini belum merilis satu pun perangkat VR-nya, meski Financial Times melaporkan bahwa Apple tengah mengembangkat teknologi AR dan VR.

Baca Juga : Serunya Drone Racing 2016, Alternatif MotoGP dan Formula 1

Dengan popularitas Pokémon GO saat ini dan cara pandang Tim Cook ini tentang teknologi AR, jelas saat ini Ar sedang di atas angin. Akan menarik untuk ditunggu, apakah teknologi ini benar-benar akan mengalahkan VR? atau malah sebaliknya.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account