Teknologi Metasurface Jadikan Lensa Smartphone Sangat Tipis

lensa smartphone

Velodrome – Lensa smartphone tertipis di dunia merupakan inovasi terbaru dari industri smartphone. Teknologi Metasurface lah yang digunakan oleh Caltech dan Samsung untuk dapat menghasilkan lensa yang lebih tipis dari sehelai rambut.

Lensa yang dikembangkan dengan teknologi metasurface ini terbuat dari bahan silikon sebanyak dua buah yang juga dapat disesuaikan agar diameternya berubah supaya teknologi ini bisa mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke lensa dan gambar yang dihasilkan menjadi lebih fokus.

Selain itu tingkat ketebalan dari tiap silinder dalam lensa ini hanya enam ratus nanometer. Bayangkan betapa tipisnya lensa yang dihasilkan dengan tebal hanya 1.200 nanometer yang notabene lebih tipis dari rambut manusia yang memiliki ketebalan 100rb nanometer.

lensa smartphone

Image by caltech

Memang bukan perkara mudah untuk dapat menghasilkan lensa tipis dengan kualitas pengambilan gambar yang tajam, Caltech dan Samsung telah mencoba beragam cara untuk mengatasi kegagalan dari pengembangan teknologi metasurface ini.

Usaha mereka pun kini membuahkan hasil yang sepadan dengan kerja keras yang telah mereka lakukan. Kini teknologi ini pun dapat diaplikasikan pada kamera dan mikroskop. Harapannya adalah agar lensa metasurface ini bisa menjadi solusi bagi beragam hal yang memerlukan lensa.

Baca Juga : Google Smartwatch Akan Meluncur di Awal Tahun 2017

“Metasurface dapat diproduksi massal dengan mudah dan murah, seperti halnya cip komputer,” ujar peneliti Caltech, Amir Arbabi seperti tertulis dalam situs Caltech. Dalam penelitiannya, Arbabi bekerja sama dengan Andrei Faraon, asisten profesor untuk fisika terapan dan ilmu materi dari Caltech, serta Seunghoon Han, dari Samsung Electronics.

Lebih lanjut Faraon pun menuturkan bahwa berbagai produk elektronik yang dutujukan bagi para konsumen atau beragam perangkat medis yang menggunakan kamera pastinya membutuhkan lensa yang datar, ringan, dan murah. Maka metasurface bisa menjawab kebutuhan tersebut.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account