Wisata Ke Tiga Desa Paling Bersih Di Dunia

Desa Paling Bersih di Dunia

Velodrome – Bosan dengan hiruk pikuk perkotaan merupakan tanda bahwa Anda butuh liburan. Berikut ini ada tiga desa paling bersih di dunia yang bisa Travellers jadikan sebagai destinasi wisata. Tiga tempat tersebut masih bernuansa alam pedasaan yang bersih dan asri. Cocok untuk Travellers yang mencari suasana nyaman untuk melepas kejenuhan dari hiruk pikuk kota nih.

Salah satu desa paling bersih di dunia ini ada di Indonesia loh, tepatnya ada di Pulau Dewata alias Pulau Bali. Desa lainnya ada di Overijssel, Belanda, dan satu lagi ada di negara terpadat yaitu India.

(Baca juga : Tujuh Cafe Bernuansa Alam di Bandung)

1. Desa Penglipuran, Bali, Indonesia

Desa Paling Bersih

Desa Penglipuran, salah satu desa paling bersih di Dunia

Desa Penglipuran merupakan desa wisata tradisional di Bali yang masih menjaga secara utuh adat budaya yang diwariskan turun temurun. Kebersihan tempat ini tak perlu diragukan lagi, pasalnya desa ini pernah menyabet penghargaan Kalpataru.

Kata penglipuran diambil dari kata Pengeling Pura yang memiliki makna tempat suci yang ditujukan untuk mengenang para leluhur. Masyarakat Desa Pengliputran sangat menjunjung tinggi amanat dari para leluhur mereka. Hal ini juga terbukti dari ciri khas yang sangat menonjol di desa ini adalah arsitektur bangunan tradisional di desa ini rata-rata memiliki arsitektur yang sama persis dari ujung desa ke ujung lainnya.

Penataan fisik dari desa ini diwariskan secara turun temurun oleh para leluhur mereka, masyarakat di Desa Penglipuran selalu memegang teguh filsafat Bali yang disebut dengan “falsafas Tri Hitakarana”. Falsafah ini mengajarkan kita untuk selalu mengharmoniskan hubungan antara manusia dengan sesama, manusia dengan lingkungan dan manusia dengan Tuhan.

Untuk masuk ke kawasan desa ini, Travellers bahkan tidak diperbolehkan untuk menggunakan kendaraan apapun. Kendaraan yang Anda bawa harus diparkirkan di lahan parkir yang tidak jauh dari kawasan wisata Desa Penglipuran.

2. Desa Giethoorn

Di Belanda juga ada desa paling bersih dan bebas polusi, namanya Desa Giethoorn

Di Belanda juga ada desa paling bersih dan bebas polusi, namanya Desa Giethoorn

Desa Giethoorn terletak di Overijssel, Belanda. Lokasinya 1,5 jam dari Amsterdam. Selain bersih, Giethoorn juga bebas polusi karena ini bebas kendaraan bermotor dan bahkan bisa dibilang nyaris tanpa jalan raya. Yang ada hanya kanal-kanal sejauh 90 kilometer yang bisa diarungi dengan “whisper boats” alias perahu yang suara mesinnya super halus.

Selain dengan perahu, Travellers bisa menjelajahi desa dengan berjalan kaki melalui 176 jembatan, atau bisa juga menyewa sepeda.

Dijuluki “Venice of the Netherlands”, Desa Giethoorn memiliki aura magis yang biasanya kamu temukan di cerita-cerita dongeng. Desa yang berdiri di tahun 1230 ini dihuni oleh kurang lebih 2.620 orang. Lingkungannya yang bersih, asri dan rindang membuat banyak wisatawan berkunjung ke desa ini.

Di Desa Giethoorn Travellers juga bisa mengunjungi dua museum, yakni “Het Olde Maat Uus” yang berupa rumah pertanian tradisional, dan “De Oude Aarde” atau dunia tua (The Old Earth).

3. Desa Mawlynnong

Desa Paling Bersih

Salah satu desa Paling Bersih di Dunia ada di India bernama Mawlynnong – Sumber : Amazing India

India tidak selamanya kotor dan penuh polusi seperti yang sering digambarkan. Terletak di wilayah timur India, Desa Mawlynnong justru berhasil mendapatkan predikat sebagai salah satu desa paling bersih di dunia.

Bersih-bersih merupakan ritual yang dijalankan dengan sangat serius oleh setiap orang – dari balita mungil hingga nenek-nenek yang sudah ompong-. Desa kecil ini didiami oleh suku Khasi dengan penduduk 600.

Tanaman dan bunga-bunga tumbuh subur dan bersih di sekitar desa serta tidak terlihat sampah mengotori jalan-jalan di desa. Tempat sampah yang terbuat dari bambu tersedia di setiap sudut jalan. Selain itu ada peringatan berukuran besar yang melarang masyarakat untuk membuang sampah sembarangan.

Mawlynnong mulai dikenal dunia setelah seorang jurnalis India berkunjung dan menulis tentang desa itu 12 tahun lalu. Dalam tulisan itu, sang jurnalis menjulukinya sebagai desa terbersih di Asia.

Ternyata, budaya hidup bersih sudah diterapkan sejak 130 tahun silam di desa tersebut ketika wabah kolera melanda. Seorang pendeta mengatakan pada nenek moyang para warga bahwa menjaga kebersihan badan, makanan, rumah, dan lingkungan bisa melindungi diri mereka dari kolera.

Sejak itulah warga Desa Mawlynnong benar-benar menjaga kebersihan dan bahkan melarang wisatawan datang ke wilayah mereka. Barulah pada tahun 2003 larangan tersebut dihapus.

Sumber

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account