Tips Bijak Penggunaan AC Agar Tagihan Listrik Tak Membengkak

tagihan listrik

Velodrome – Tagihan listrik yang membengkak saat menggunakan AC pasti menjadi keluhan banyak orang. Bahkan penggunaan Ac dapat meningkatkan biaya tagihan listrik hingga 60% dari total tagihan jika tidak menggunakan Ac.

Dengan kondisi cuaca Indonesia yang berada di iklim tropis, saat memasuki musim panas AC seakan menjadi solusi bagi banyak keluarga untuk bisa tetap menjaga kualitas tidur tetap nyenyak. Harga Ac yg tidak lagi mahal juga menjadi alasan banyaknya masyarakat yang menggunakan Ac. Namun bagaimana caranya menghemat tagihan listrik meski pun menggunakan AC?

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika menggunakan AC agar tagihan listrik tidak membengkak.

Matikan penyejuk ruangan saat tidak dipakai

tagihan listrik

Image by samsung

Siang hari merupakan salah satu contoh waktu dimana kebanyakan manusia beraktifitas dan tidak menggunakan ac dirumah, untuk itu akan lebih bijaksana jika ac dimatikan. Lain halnya dengan situasi kantor yang justru menggunakannya saat siang hari. Maka cukup matikan saja ruangan yang sekiranya tidak memerlukan penggunaan ac.

Tutup pintu dan jendela rapat-rapat ketika AC dinyalakan

tagihan listrik

Image by doordesigns

Bocornya udara keluar ruangan menjadi salah satu penyebab borosnya ac, jika ruangan tidak ditutup dengan rapat maka untuk mencapai suhu ruangan tidak akan tercapai yang menyebabkan ac bekerja terus menerut dengan blower yang terus hidup untuk mencapai suhu yang ditentukan.

Atur hingga mendekati suhu ruangan

tagihan listrik

Image by samsung

Mengatur suhu pada ac agar cukup mendekati suhu ruangan maka jangan pasang suhu terlalu dingin karena itu akan membuat AC bekerja lebih keras dan menyedot daya listrik lebih besar. “Karena semakin dingin, listrik yang digunakan akan semakin besar,” kata Product Marketing Head Resedential AC PT LG Electronics Indonesia Arief Sasono Aji.

Gunakan timer untuk mematikan AC secara otomatis saat sudah tidak diperlukan

tagihan listrik

Image by enhilmy

Misalnya pada dini hari saat cuaca sudah terasa sejuk, penggunaan ac sudah tidak lagi terlalu dibutuhkan, maka untuk menghemat listrik ini bisa menjadi pilihan terbaik.

Bersihkan AC secara berkala

tagihan listrik

Debu-debu yang seringkali menumpuk pada kipas bagian luar dan penyaring bagian dalam ac menjadi penyebab kurang dinginnya ac, maka dengan rutin membersihkannya secara otomatis akan membuat ac bekerja lebih ringan untuk mendinginkan suhu ruangan.

Sesuaikan kapasitas PK (Paard Kracht) AC dengan luas ruangan

tagihan listrik

Tabel PK vs Luas Ruangan
Image by merawat ac

Penyesuaian luas ruangan dengan PK ac juga akan meringankan kerja ac, dengan ringannya kerja ac maka daya listrik yang digunakan pun tidak besar.

Baca Juga : Bingung Harus Kemana Saat Liburan di Eropa? Gunakan 5 Aplikasi ini

Jangan letakkan barang-barang elektronik di bawah AC

Barang-barang elektronik menimbulkan suhu panas yang dapat menaikkan suhu ruangan, oleh karena itu ac akan membacanya sebagai suhu ruangan yang belum tercapai.

Pilih AC dengan daya listrik lebih kecil

AC Low Watt Series bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin menghemat biaya listrik namun tetap ingin menggunakan ac, namun penggunaan ac jenis ini tidak menjadi jaminan turunnya tagihan listrik anda jika tips-tips sebelumnya tidak anda lakukan.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account