Tips Dan Trick Menggunakan Kamera Film

Velodrome – Film. Terdengar sangat cliche tapi cukup romantis. Dan tentunya jauh dari kata “pixel” yang biasa kita dengar dalam bahasan kamera saat ini. Tentunya beberapa dari kita ada yang mempunyai kenangan  dalam mencetak roll film ketika kamera dslr dan mirrorless belum se booming sekarang.

Film atau Roll Film membuat sebuah perubahan besar dalam experience kamu untuk berfoto ria, jauh dari gadget dan laptop kamu dan cukup menikmati dunia sekitar mu. Bagi kita para manusia millenials yang sangat menggemari gratifikasi, hal yang bersifat analog seperti ini patut ditelusuri. Karena banyak hal yang bersifat esensial dari fotografi dan beberapa filosofi yang dapat kita ambil dari sini.

Jika kamu ingin mencoba Foto dengan menggunakan kamera dan roll film, dan mengatur pixel anda sedikit demi sedikit, kamu dijamin ketagihan. Apalagi ketika kamu mendapati hasil foto yang sesuai atau bahkan lebih bagus dari ekspektasimu. Berikut ini adalah beberapa Tips dan Trick untuk memulai first roll foto kamu

1. Jangan harap untuk mengejar kesempurnaan pixel

Ini adalah hal yang paling mendasar dalam penggunaan kamera analog. Film itu nyata, dan apa adanya. Apa yang kita dapati di dalam negatif film itu adalah murni sebuah backlit yang memancarkan detail hasil foto mu. Tidak ada sebuah panel untuk memeriksa fokus, exposure atau menghapus foto untuk mengulangi jepretan foto.

Ini berarti kita tidak  bisa melihat sebuah detail yang mendasar sama seperti yang kita lihat di sebuah layar lcd kamera digital mu. Gambar fotomu mungkin terlihat sedikit atau bahkan sama sekali tidak fokus. It’s okay, memang Film bertujuan untuk terlihat tidak seperti gambar digital, itulah pada intinya.

Ada sebuah moment kurva pembelajaran ketika kita tidak melihat hasil foto yang langsung dapat diperiksa. Di first roll experience kamu, mungkin kamu tidak terbiasa melihat dengan “mata film”. It doesn’t matter, tidak perlu kuatir, jalani ketidaksempurnaan ini dan enjoy the ride.

Tips Dan Trick Menggunakan Kamera Film

Film : Kodak Portra 400 courtesy : Blue Ella http://clickitupanotch.com

 

Tips Dan Trick Menggunakan Kamera Film

Kamera : Canon Ae-1 Courtesy : Blue Ella http://clickitupanotch.com

2. Film memiliki latitude exposure yang baik

Film dapat menahan shadows dan highlight jauh lebih baik daripada digital. Ini nyaris mustahil bagaimana film dapat menangkap detail di beberapa bagian pemandangan yang biasanya nyaris tidak terlihat. Sama seperti warna Pink Terang, Oranye, dan kuning yang dapat hancur dengan mudah di sensor digital.

Tidak begitu dengan film. Film mempertahankan detail indah dalam semua warna yang cukup ‘bermasalah’ ini, dan melakukannya dengan jujur yang tidak dapat dilakukan secara digital.

Tips Dan Trick Menggunakan Kamera Film

Kamera Canon EOS3, Film : ektar100 courtesy : BluElla http://clickitupanotch.com

 

http://clickitupanotch.com

Kamera Canon EOS3, Film : ektar100 courtesy : BluElla http://clickitupanotch.com

3. Film membantu mu untuk tenang dan menunggu moment

Dengan kamera digital mungkin kita bisa memilih 108 image gambar dalam dua menit, sambil memilih image anak anda lagi makan sarapan. dan akhirnya anda menyimpannya di dalam memory card anda, lalu memilihnya lagi di komputer anda, sambil membuang beberapa foto diantaranya.

Dengan kamera analog anda dituntut untuk lebih bersabar, sambil menunggu moment yang tepat, lalu anda dapat mengambil moment itu, dan menjadikannya foto yang bagus, sehingga anda mampu untuk menghemat beberapa film lagi untuk beberapa golden moment yang lain.

4. Ber-eksperimen dengan beberapa stock film yang berbeda

Mungkin anda bisa beli beberapa roll film yang murah di beberapa toko, tapi kenapa harus beli yang itu-itu saja? Setiap fotografer memiliki passion dan karakter mereka masing-masing.

Anda mungkin bisa mencoba beberapa stock film yang ada di pasaran,  Untuk film warna saya akan merekomen kalian untuk memulai dengan Portra 160, Portra 400, atau Fuji 400, bagi yang suka warna kalian bakalan suka dengan beberapa film ini, khususnya Fuji 400.

Untuk gambar hitam dan putih, Ilford 400 adalah film starter yang bagus serta Kodak Tri-X. Tri-X jauh lebih kontras dari Ilford yang secara personal saya lebih suka.

 

Tips Dan Trick Menggunakan Kamera Film

ilford HP5 plus untuk foto black and white bhphotovideo.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account