Tips Fotografi : Street Photography Ala Profesional Fotografer

Velodrome – Fine-art fotografer asal Jerman, Vijce, yang sudah memenangkan berbagai penghargaan baru-baru ini memberikan tips fotografi jalanan atau street photography. Pemenang penghargaan Urban Photographer of the Year in 2014 dari CBRE ini mencoba berbagi ilmu foto yang bisa kamu gunakan di tempat yang tak terduga.

Pria berkebangsaan Belanda-Jerman percaya kalau street photography itu artinya menemukan sisi menarik dari setiap tempat ada. Tak peduli bagaimana kondisi tempat tersebut. Maka dari itu ia mencoba memberikan tips dan trik bagaimana caranya mendapatkan foto yang menarik di tempat yang menurutnya “depressing”.

Contoh yang diberikan oleh fotografer 27 tahun ini diambil dari sebuah stasiun kereta yang desain arsitektur, warna, sekaligus pencahayaannya sendiri tidak menarik. Itu lah ilmu foto yang ingin dia bagikan, bagaimana merubah tempat yang biasa saja, bahkan cenderung tidak menarik, tapi kamu bisa mendapatkan hasil foto yang luar biasa.

Contohnya seperti foto di bawah ini. Foto ini diambil di salah satu stasiun kereta api bawah tanah. Seperti yang kamu lihat stasiun ini sangat tidak menarik untuk dijadikan tempat hunting foto.

Tips Fotografi : Street Photography Ala Profesional Fotografer

Sisi lain dari stasiun kereta api.

Tips Fotografi : Street Photography Ala Profesional Fotografer

Menurut Vijce sendiri sejujurnya ia mengambil foto favoritnya kebanyakan dari tempat yang tidak menarik sama sekali bahkan jelek. Pastinya kondisi tersebut lebih menantang dibandingkan harus mengambil foto dari sebuah lokasi dengan pemandangan yang bagus. Namun itu bukanlah ciri khas dari street photography.

Tips Fotografi : Street Photography Ala Profesional Fotografer

Image credits: Vijce

Vijce sendiri memang terkenal dengan karya-karyanya yang menonjolkan sisi industrial atau street photography, di terminal, stasiun kereta api. Karena baginya di lokasi-lokasi tersebut sinar dari seseorang akan lebih terpancar. Efek yang ia percaya bisa dicapai dimanapun seorang fotografer berada.

Tips Fotografi : Street Photography Ala Profesional Fotografer

Image credits: Vijce

Menurutnya kalau kamu berada di suatu tempat yang paling penting untuk dilakukan pertama kali adalah observasi. Tak peduli seberapa jeleknya tempat itu, lama kelamaan akan terlihat beberapa hal menarik yang pada awalnya kamu enggak lihat.

Tips Fotografi : Street Photography Ala Profesional Fotografer

Image credits: Vijce

“Ini adalah kunci untuk menemukan angle yang baik dari situasi apapun, layaknya bereksperimen dengan perspektif meletakan kamera di bawah, berputar-putar, atau mencoba melihat ke atas” tulis Vijce dalam majalah PetaPixel.

Jadi jangan dulu menyerah ketika kamu berada di sebuah tempat yang enggak menarik. Cobalah untuk melihat dari berbagai sisi, dan menunggu moment yang tepat entah ketika ada orang lewat atau ketika sinar matahari mulai terbenam, dan sebaliknya.

Biar kamu makin jago fotonya, Vijce sudah membuat video yang bisa kamu tonton dan pelajari. Kamu juga bisa melihat karya-karya Vijce yang lainnya disini.

So bagaimana guys, kamu siap menerima tantangan seperti Vijce enggak? Share karya mu dan ceritakan pengalaman kamu di kolom komentar ya.

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account