Tips Ramadhan : Mengenal Al-Quran Melalui Seni Kaligrafi

Velodrome – Buat kamu yang butuh kegiatan baru untuk ngabuburit, coba lirik seni kaligrafi. Karena selain bisa mengasah kreatifitas dan ketekunan, seni kaligrafi merupakan salah satu kesenian dari budaya islam yang sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW.

Kamu pasti sudah enggak asing dengan seni kaligrafi. Karena seni typografi yang satu ini banyak ditemukan dalam ukiran-ukiran masjid dan beberapa pajangan dinding yang berisikan potongan ayat Al-Quran atau sekadar asma Allah.

Kaligrafi pun menjadi sebuah warisan kebudayaan Islam sebagai pertanda hasil karya umat Muslim. Tidak hanya di Timur Tengah, kaligrafi juga banyak ditemukan di negara-negara bermayoritas penduduk muslim lainnya seperti Malaysia dan Indonesia.

Nah, kaligrafi ini memang merupakan salah satu seni yang butuh ketrampilan tetapi semua orang bisa mempraktekanya melalui beberapa panduan yang bisa ditemukan di beberapa artikel termasuk video di Youtube.

Kamu tidak perlu membuat kaligrafi islam di media yang sulit seperti kayu dan tembok tetapi kegiatan ini bisa Anda lakukan di media yang paling mudah yakni kertas.

Seperti halnya seni typografi, seni kaligrafi mempunyai tahap yang sama mulai dari proses sketching sampai pewarnaan. Proses sketching adalah hal yang mungkin sedikit sulit karena kamu harus membentuk pola dari huruf-huruf Al-Quran dengan kesatuan yang indah.

Eits, jangan sampai salah, kalau kamu berencana menjadikan kegiatan ini sebagai rutinitas selama bulan Ramadan, kamu bisa memulainya dengan teknik mulai dengan kata-kata yang mudah dan singkat. Lafadz Allah dan Muhammad bisa menjadi latihan awal kamu.

Sembari Belajar Islam

Menggambar kaligrafi islam tentu banyak manfaat yang akan didapat. Salah satunya adalah belajar ayat-ayat Al-Quran dengan cara yang berbeda dan lebih menyenangkan. Jika Anda serius mempraktekkannya, karya tersebut bisa anda pajang di pojok rumah dan kamar Anda sebagai apresiasi dan pengingat tentang kata-kata indah di kitab Al-Quran.

Tak sedikit loh orang-orang yang bisa mengais rezeki melalui kaligrafi. Selain karena mereka menekuni, karya-karyanya juga sangat indah hingga bernilai.

Manfaat lain dari seni kaligrafi adalah seperti menulis buku catatan ketika menggambar kaligrafi islam dinilai dapat membuat kita mengingat ayat suci tertentu. Kaligrafi bisa menjadi medium untuk mengingat salah satu kata dalam islam yang akan lebih melekat dalam ingatan.

Dalam prosesnya, manfaat lain yang didapat dari seni kaligrafi adalah kita akan berlatih belajar kesabaran beserta ketelitian karena proses tersebut memang perlu ketekunan dan detail. Pada saat yang sama, emotional skill juga akan terasah dengan mempraktekkan salah satu cabang seni di agama Islam ini.

Jadi, tidak ada salahnya mempraktekkkan seni kaligrafi islam ini sebagai pengisi waktu luang selama bulan puasa. Kegiatan positif ini akan memberikan manfaat para diri kita sebagai seorang muslim. Apalagi tradisi menggambar kaligrafi adalah bukti bahwa budaya kesenian dalam agama Islam akan terus lestari. Selamat mencoba!

 

Editor : MP Jathia

1 Comment
  1. agungyanto 10 months ago

    Kaligrafi itu bentuk seni yang banyak mengajarkan tentang filosofi. Self control, balance, beauty, neat, dan lain-lain. Well, mungkin gampangnya ini seperti yoga cuma formnya lebih ke kertas, kuas dan tinta.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account