Tips Workout Saat Stamina Tubuh Menurun

Tips Workout Saat Stamina Tubuh Menurun

Velodrome – Pernahkan ketemu sama orang yang kerjaannya workout melulu, bahkan ketika badannya sakit pun ia tetep latihan. Terus timbul pertanyaan, workout saat stamina tubuh menurun, badan menuju sakit, sudah radang mau flu, itu sebenarnya boleh enggak sih?

Ketika Anda merasakan kelelahan dan flu sudah mendera, beberapa ahli kebugaran menjelaskan kalau workout tetap bisa dilakukan. Tapi, harus tahu juga kapan latihan selesai karena tidak mungkin melakukan latihan yang berat. Yang ada malah bikin kondisi tubuh semakin menurun.

Kelompok peneliti dari Australia menjelaskan bahwa latihan fisik atau workout justru bisa meningkatkan imun kembali dengan beberapa langkah sederhana. Salah satunya melalui asupan nutrisi dari karbohidrat yang tepat.

Mungkin Anda tidak akan memilih nutrisi berkarbohidrat saat masa latihan berlangsung karena protein menjadi pilihan utama. Saat kondisi badan mulai menurun, nutrisi dan mineral adalah dua hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Pilih makanan yang kaya karbohidrat bila Anda ingin tetap melanjutkan latihan fisik.

Berdasarkan riset tersebut, mengkonsumsi karbohidrat ternyata dapat mengurangi beberapa respons sistem kekebalan negatif yang terkait dalam olahraga. Zat ini juga efektif untuk melawan gejala overtraining saat Anda berturut-turut melakukan latihan fisik dalam seminggu.

Yup, bagi sebagian Gym Rats, mereka malah melakukan dua kali latihan dalam sehari, dan tidak pernah absen dalam seminggu. Nutrisi para Gym Rats yang paling kerap dikonsumsi adalah protein.

Regimen protein tinggi membantu mengatur fungsi kekebalan tubuh dan bahkan mungkin dapat berperan dalam menghindari infeksi saluran pernapasan. Jadi selain karbohidrat, protein seperti protein shake tetap bisa Anda konsumsi setelah latihan.

Tips Workout Saat Stamina Tubuh Menurun

Image : Onnit

Bagaimana dengan suplemen yang meingkatkan kekebalan tubuh?

Antioksidan berupa suplemen paling gampang dikonsumsi, tetapi, makanan yang mengandung antioksidan seperti sayur dan buah-buahan adalah pilihan yang terbaik dibandingkan suplemen.

Yang paling penting selain hal-hal diatas adalah jangan memaksakan untuk latihan crossfit jika Anda merasa itu sangat berat dan badan Anda tidak sanggup menerima tekanan. Berkaitan dengan latihan fisik, kurangi intensitas latihan Anda dari 80 persen menjadi 50 persen. Jangan sampai kondisi Anda malah terus menurun. 

Berolahraga saat sakit memang tidak menyenangkan. Tetapi ketika latihan fisik dilakukan dengan benar, para peneliti malah berasumsi bahwa workout bisa mengembalikan tingkat kekebalan tubuh.

Selain intensitas, kurangi durasi latihan. Setelah latihan fisik selesai, jangan remehkan waktu istirahat dan relaksasi. Karena aktivitas ini adalah solusi paling mutakhir untuk mengembalikan kondisi tubuh Anda menjadi sehat kembali.

Stay healthy!

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account