Tujuh Band Rock Wanita Terbaik Yang Pernah Ada

Tujuh Band Rock Wanita Terbaik Yang Pernah Ada

Velodrome – Musik rock dan band rock memang identik dengan laki-laki. Tetapi ternyata ada juga loh band rock wanita yang kualitasnya enggak kalah sama band rock lainnya. Beberapa nama-nama bahkan sudah dikenal dan merilis lagu-lagu yang menjadi hits di seluruh dunia. Dalam rangka Internasional Woman’s Day, yuk kita simak band rock wanita terbaik yang pernah ada.

The Bangles

Bangles atau The Bangles adalah band rock wanita yang didirikan di Los Angeles, Amerika Serikat pada tahun 1981 dengan nama The Supersonic Bangs, yang lalu disingkat The Bangs. Personil awal band ini adalah Susanna Hoffs (gitar, vokal), Debbi Peterson(drums, vokal), Vicki Peterson (gitar, vokal), dan Annette Zilinskas (bass, vokal).

Pada tahun 1982, merkeka merilis mini album dan single “The Real World”. Barulah pada tahun 1984 mereka merilis debut abum bersama dengan Columbia Records berjudul All Over the Place. Beberapa single yang menjadi hits dari band ini diantaranya “Eternal Flame”, “Manic Monday”, dan “Walk Like Egyptian”.

The Runaways

Mungkin band yang satu ini lah yang memainkan musik rock raw pertama kali dengan personil semuanya wanita. The Runaways dibentuk pada akhir tahun 1975 oleh drummer Sandy West dan gitaris Joan Jett. Seorang produser yang cukup terkenal bernama Kim Fowley, lalu menemukan mereka dan mendapat ide untuk membentuk band rock dengan personil wanita semua.

Kemudian terbentuklah The Runaways dengan formasi Joan Jett (gitar, vokal), Sandy West (drums), Cherie Currie (lead vokal), Lita Ford (lead gitar) dan Jackie Fox (bass). Pada tahun 1976, The Runaways merilis debut album berjudul The Runaways.

Musik The Runaways banyak dipengaruhi musik punk rock. Setelah The Runaways bubar di akhir tahun 1970-an, Joan Jett membentuk solo Joan Jett & The Blackhearts.

Vixen

Memasuki era tahun 1980-an, musik rock identik dengan nuansa glam rock. Vixen terbentuk pada akhir tahun 1973 di St. Paul, Minnesota pada tahun 1973 oleh gitaris Jan Kuehnemund ketika masih di SMA. Setelah beberapa kali ganti personil, pada tahun 1984 Vixen mempunyai formasi tetap Jan Kuehnemund (lead guitar), Janet Gardner (Lead vocals), Roxy Petrucci (drums) dan Share Pedersen (bass) yang menggantikan Pia Maiocco yang kemudian menikah dengan gitaris Steve Vai.

Pada tahun 1988 Vixen merilis debut albut album berjudul Vixen dengan label EMI. Vixen bubar di tahun 1991 tetapi kemudian reuni kembali di tahun 2004. Pada tahun 2013 sang pendiri band Jan Kuehnemund meninggal dunia. Posisinya kemudian digantikan oleh Gina Stile.

(Baca juga : Wanita Hebat di Industri Fashion Penentu Tren Fashion)

Girlschool

Band ini terbentuk ketika era new wave of British heavy metal sedang menggila di Inggris pada tahun 1970-an. Girlschool terbentuk pada tahun 1975 di Wandsworth, South London, Inggris oleh Kim McAuliffe (gitar, vokal) dan Dinah Enid Williams (bass, vokal).

Sebelum memakai nama Girlschool mereka menggunakan nama Painted Lady. Bersma dengan Tina Gayle (drums) dan Deirdre Cartwright (gitar). Pada tahun 1978 mereka merilis single pertama “Take It All Away” dibawah label indie dengan formasi tetap Kim McAuliffe(gitar, vokal), Enid Williams(bass, vokal), Kelly Johnson (gitar) dan Denise Dufort (drums).

Baru pada tahun 1980 mereka merilis debut album “Demolition”. Selama karirnya Girlschool telah merilis tiga belas album studio.

L 7

Band ini muncul ketika musik grunge dan alternative sedang mewabah di awal tahun 1990-an. L 7 terbentuk di Los Angels, California, Amerika Serikat pada tahun 1985 oleh Donita Sparks (vokal, gitar) dan Suzi Gardner (gitar, vokal). Kemudian duo punk ini merekrut Jennifer Finch (bass) dan Demetra “Dee” Plakas (drums).

Mereka merilis debut album L 7 di tahun 1988 di bawah label Epitaph milik gitaris Bad Religion, Brett Gurewitz. Album ketiga mereka Bricks Are Heavy yang diproduseri oleh Butch Vig (produser album Nevermind-nya Nirvana) dirilis pada tahun 1992. Album ini cukup sukses dan masuk dalam daftar ‘Essential recordings of the 1990’s versi majalah Rolling Stone di tahun 1999.

Shonen Knife

Shonen Knife terbentuk di Osaka, Jepang, pada tahun 1981 oleh dua bersaudara Naoko Yamano (vokal, gitar) dan Atsuko Yamano (drums) dibantu oleh bassist, Michie Nakatani. Band beraliran pop punk ini kental dengan pengaruh dari Ramones dan The Beach Boys.

Selama karirnya Shonen Knife telah merilis 22 album studio. Mereka juga banyak mengcover lagu-lagu lama menjadi versi Shonen Knife salah satunya lagu hits The Carpenters “Top Of The World”.

Kittie

Band rock wanita yang satu ini terbentuk di Ontario, Kanada pada tahun 1996. Mereka telah merilis enam album studio selama karir mereka. Beraawal dari pertemuan Fallon Bowman (vokal, gitar) dan Mercedes Lander (drums) di kelas gym. Melalui pertemuan tersebut kemudian mereka sepakat membentuk band bersama Morgan Lander sebagai lead vokal dan Tanya Candler di posisi gitar yang lalu berpindah menjadi pemain bass.

Pada tahun 2000 mereka merilis debut album Spit dilanjutkan dengan album Oracle di tahun 2001. Baru-baru ini diberitakan bahwa mantan bassist Kittie, Trish Doan meninggal dunia karena menderita anorexia.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

©2019 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account