Waspada Pengguna macOS High Sierra, Keamanannya Mudah Ditembus

Senin, (25/9) menjadi hari penting bagi Apple, pasalnya mereka baru saja meluncurkan sistem operasi teranyar dan terbaiknya yang diberi nama macOS High Sierra. Perusahaan besutan alm. Steve Jobs tersebut lantas menjanjikan upgrade gratis ke Mac di seluruh dunia dengan memori minimal 2GB.

Velodrome – Senin, (25/9) menjadi hari penting bagi Apple, pasalnya mereka baru saja meluncurkan sistem operasi teranyar dan terbaiknya yang diberi nama macOS High Sierra. Perusahaan besutan alm. Steve Jobs tersebut lantas menjanjikan upgrade gratis ke Mac di seluruh dunia dengan memori minimal 2GB.

Sementara OS yang penuh dengan fitur menarik dan baru tersebut yang paling menyorot adalah tingkat kerentanan dan keamanannya.

Hal tersebut menjadi sorotan karena hanya membutuhkan sedikit usaha saja, peretas atau hacker sudah bisa mencuri semua kata sandi pemilik komputer yang menjalankan sistem operasi High Sierra. Pastinya kabar tersebut bukanlah hal yang baik untuk Apple.

Menurut peneliti keamanan Patrick Wardle, ia mampu menjalankan aplikasi unsigned pada OS baru yang bisa mencuri password plaintext. Ia pun mempublikasikan bukti konsepnya ke Twitter, dan menyertakan tautan ke video yang menunjukkan aplikasi yang dia sebut “keychainStealer”.

Waspada Pengguna macOS High Sierra, Keamanannya Mudah Ditembus

“Saya menemukan sebuah cela dimana kode atau aplikasi yang tidak istimewa (privilege) bisa secara terprogram mengakses keychain dan membuang semua data ini …. termasuk kata kunci teks biasa Anda,” jelasnya di Patreon. “Ini bukan sesuatu yang seharusnya terjadi!”

Yang penting, dia mencatat bahwa sementara dia hanya menguji High Sierra, tampaknya El Capitan juga rentan. Tapi berita itu tidak semuanya buruk, karena Wardle menekankan bahwa agar bisa bekerja di komputer Anda, pertama-tama harus terinfeksi malware.

Pihak Apple, tidak senang dengan eksploitasi ini – meskipun juru bicara mengkonfirmasi bahwa mereka tengah menyelidiki masalah ini lebih dalam.

“macos dirancang agar aman secara default, dan [Gatekeeper fitur keamanan Apple] memperingatkan pengguna agar tidak memasang aplikasi yang tidak ditandai, seperti yang ditunjukkan dalam konsep bukti ini, dan mencegahnya meluncurkan aplikasi tanpa persetujuan eksplisit,” juru bicara tersebut memberi tahu Mashable.

Intinya, semuanya bermuara pada ini: Jangan mendownload aplikasi tidak jelas, dan pastikan Anda selalu memperbarui OS Anda ke versi terbaru untuk menerima semua dan semua tambalan. Dan, terlepas dari ancaman spesifik yang ditimbulkan oleh temuan Wardle, itulah beberapa saran keamanan dasar untuk dijalani.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2017 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account