Waspada Penyakit Cacingan, Ikuti Cara Berikut Ini

Waspada Penyakit Cacingan, Ikuti Cara Berikut Ini

Velodrome – Penyakit cacingan kerap kali dinilai sepele oleh orang tua, padahal penyakit ini termasuk penyakit yang harus diwaspadai terutama untuk si kecil. Pasalnya penyakit cacingan ini bisa menjangkit siapapun, termasuk orang dewasa karena penyakit yang satu ini bisa menular melalui kontak fisik, atau medium lain yang sudah tercemar.

Indonesia merupakan daerah endemis cacingan, sampai saat ini masih banyak daerah yang prevalensinya di atas 50%. Tingginya angkat tersebut karena masih banyak orang tua yang tidak awas atau menganggap penyakit ini sebagai angin lalu.

Padahal cacingan dapat merusak gizi anak yang terinfeksi dengan banyak cara, dan dapat menyebabkan kematian. Penurunan gizi pada anak karena cacingan dapat menyebabkan :

1. Pertumbuhan fisik terganggu dan akan menyebabkan anak lebih kecil dari sebayanya.
2. Merusak perkembangan kognitif, potensi kecerdasan anak akan semakin menurun.
3. Membatasi kemajuan pendidikan anak yang menyebabkan sulit belajar di sekolah dan sering tidak masuk karena sakit.

Faktanya seorang anak berusia 11 tahun dari Kecamatan Cipongkor, Bandung Barat, harus dioperasi karena ternyata di dalam ususnya terdapat cacing seberat 2 kilogram.

Karena kondisi tersebut, sang anak harus dirawat intensif. Pada awalnya, dokter mendiagnosa adanya dugaan penyumbatan usus. Namun, saat operasi dilaksanakan, tiba-tiba dokter menemukan banyak sekali cacing berkembang biak di perut pasien.

Dokter yang menangani kasus ini menyatakan, cacing di perut anak ini sudah berkembang biak dalam jangka waktu lama. Ini diduga kuat karena pola hidup dan sanitasi yang tidak sehat serta asupan gizi yang kurang

Untuk menghindari kondisi tersebut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

1. Kurangi prilaku anak untuk mengkonsumsi makanan yang dibeli dari tempat tidak bersih.

Prilaku anak yang senang jajan dari pedagang kaki lima bisa menjadi awal dari penyakit cacingan. Pasalnya makanan yang dijual oleh pedagang kaki lima jarang sekali yang memiliki kontrol kebersihan dengan baik. Hal tersebut didukung oleh hasil riset yang dilakukan pada penderita cacingan, 40% di antaranya memiliki perilaku suka jajan di kaki lima.

Memasak sendiri makanan untuk anak adalah salah satu cara yang paling mudah dalam mencegah terjadinya infeksi cacing pada anak.

2. Kurangi kegiatan bermain di tanah.

Prof. Tjandra Yoga Aditama selaku Koordinator Regional World Health Organization (WHO) Asia Tenggara berpendapat, perilaku hidup sehat adalah cara terbaik menghindari cacingan. Karena cacing kebanyakan hidup di tanah, maka hindari pula si kecil bermain tanah atau segera cuci tangan sehabis si kecil bermain kotor-kotoran, sebab bisa saja cacing masuk melalui kuku anak.

3. Tingkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Membiasakan perilaku bersih dan sehat (PHBS) sejak dini pada anak-anak dan minum obat cacing secara rutin minimal satu tahun sekali.

Berikut ini Perilaku Hidup Bersih Sehat yang bisa Anda terapkan:
•Cuci tangan dengan sabun setelah BAB, setelah mencebok anak, sebelum menyiapkan makanan, dan sebelum makan
•Menjaga kebersihan makanan dari lalat dengan menutupnya memakai tudung saji
•Minum air bersih dan air yang sudah direbus
•Buang air besar di jamban
•Memakai alas kaki

Nah sekarang sudah tahu kan bagaimana bahaya juga cara mengatasi penyakit cacingan, untuk itu jangan lagi meremehkan penyakit yang satu ini ya.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account