Weekend Ini Yuk Ke Festival Palang Pintu Kemang

Velodrome – Festival tahunan budaya betawi yang dikenal dengan Festival Palang Pintu kembali digelar pada 6 dan 7 Mei 2017. Acara yang menyajikan berbagai atraksi budaya, berbagai macam kuliner khas dan juga pertunjukan musik ini telah memasuki tahun ke-12.

Tradisi Palang Pintu merupakan salah satu tradisi yang menjadi identitas masyarakat Betawi Di Jakarta. Tradisi ini menjadi bagian dalam prosesi upacara pernikahan adat Betawi sejak zaman nenek moyang.

Perpaduan silat dan seni pantun yang jenaka menjadi hal yang dominan dalam tradisi Palang Pintu. Hal inilah yang kemudian menjadi landasan digelarnya festival tahunan bernama Festival Palang Pintu yang bertempat di Kawasan Kemang, Jakarta.

Acara Festival Palang Pintu ini mengambil tempat di sepanjang jalan Kemang Raya mulai dari pertigaan makam/spbu/Pizza hut kemang s/d Alfa mart/pertigaan Sevel Kemang.

Terdapat dua panggung yang digunakan untuk berbagai atraksi budaya dan pertunjukan seni diantaranya adalah lomba palang pintu memperebutkan piala Gubernur DKI Jakarta, fashion show (kreasi daur ulang), gelar budaya internasional, karnaval budaya, aneka kuliner, rampak gendang, musik samrah, lenong betawi, silat betawi, tanjidor dan juga berbagai lomba untuk anak dan festival band.

Sesuai namanya, festival ini mempertunjukan segala sesuatu yang berkaitan dengan tradisi Palang Pintu. Mulai dari menghadirkan kedua mempelai pengantin hingga mendatangkan para jawara silat Betawi.

Festival ini dibuka dengan kehadiran rombongan pengantin berbusana adat betawi lengkap dengan atribut khas diiringi alunan musik rebana. Roti buaya yang menjadi kuliner wajib menjadi pendamping yang tidak luput dari iring-iringan rombongan pengantin.

Dalam festival ini, kontes tradisi palang pintu menjadi bagian penting yang dilombakan. Lomba ini memiliki tujuan untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya Betawi ke masyarakat yang hadir dari segala penjuru di festival ini. Acara ini dibuka oleh perwakilan dari Gubernur DKI Jakarta, yang untuk tahun ini diwakili oleh wakil walikota Jakarta Selatan.

 

 

Jadi buat yang weekend belum ada acara yuk kunjungi Festival Palang Pintu dan Gelar Budaya 2017 yang berlangsung selama dua hari Sabtu dan Minggu, 6 dan 7 Mei 2017 mulai pukul 08.00 – 24.00.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account