Western Digital Luncurkan Harddisk Helium Terbesar 12 TB

Western Digital

Velodrome – Baru-baru ini, Western Digital merilis perangkat penyimpanan berkapasitas jumbo berupa harddisk dengan kapasitas mencapai 12 terabyte (TB). Perusahaan yang berbasis di Irvine, California, Amerika Serikat ini telah secara resmi memasarkan harddisk dengan kapasitas 12 TB.

Memiliki file yang begitu banyak di komputer jinjing ataupun di smartphone pastinya akan membuat kinerjanya jadi lelet. Maka diperlukan ruang penyimpanan yang lebih besar, baik flashdisk ataupun yang lebih besar kapasitasnya seperti harddisk.

Dan kapasitas penyimpanan dengan ukuran yang begitu fantastis ini diberi nama dengan HGST Ultraser He12. Dan nama itu merupakan bahan penyusunnya sebagai HD dengan basis helium (heloseal). Perusahaan yang dipimpin oleh Stephen D Milligan tersebut menyebutkan jika harddisk yang dikeluarkan ini memiliki ukuran 3,5 inci dengan basis helium.

Image by theinquirer.net

Pemroduksiannya sendiri menggunakan teknologi perpendicular magnetic recording (PMR). HD ini sangat cocok digunakan para pebisnis yang harus menyimpan banyak data. Meski begitu juga memungkinkan sekali harddisk dipakai untuk kalangan orang biasa yang memiliki jumlah data yang begitu banyak.

Kabarnya, HD ini mampu merubah tingkat mean time between failure (MTBF) menjadi 2,5 juta per jam nya. Dan juga dilengkapi dengan hard drive dengan 7200rpm dengan rata-rata latensi kisaran 4, 16 milisecond. Dan satu hal lagi yang begitu diperhitungkan, kemampuan transfernya bisa dibilang cukup stabil dengan rata-rata 2,55 Mbps.

Baca Juga : Pena Canggih Yang Bisa Memindai Warna Dari Objek Manapun

Perusahaan yang telah didirikan sejak tahu 1970 tersebut juga membocorkan jika harddisk terbaru tersebut memiliki berat yang ringan. Hal tersebut dikarenakan menggunakan helium standar yang didesain dengan delapan piringan. Sebelumnya, harddisk yang ada hanya didesain mencakup 7 piringan saja.

Sebelumnya seperti yang kita ketahui April 2017 yang lalu, Western Digital merilis HD 10 TB dengan harga sekitar USD 399 atau sekitar Rp 5 juta 3 ratus. Dan sekarang sudah merilis HD dengan storage mencapai 12 TB. Mengenai harganya belum diinformasikan secara gamblang. Jika dibandingkan dengan sebelumnya, mungkin harganya adakan lebih mahal sedikit.

Sumber: http://www.pcgamer.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account