Yuk Ikuti Dasar-Dasar Dan Persiapan Memulai Hobi Model Kits

Velodrome – Melanjutkan artikel kita sebelumnya tentang model kit, kali ini kita akan membahas apa saja dasar – dasar yang harus dikuasai? mari ikuti caranya.

DASAR-DASAR MERAKIT

Proses perakitan terbagi menjadi 3 kategori.

Kategori Awal (Beginner)
Pada kategori ini apabila  anda bisa membuat rakitan tersusun dengan baik dan rapi saja sudah sangat baik. Untuk itu cobalah untuk merakit Model Kit dengan tingkat kesulitan yang rendah, biasanya bisa dilihat dari jumlah sprue yang tertera. Jumlah Sprue 2 (dua) atau 3 (tiga) rangkaian termasuk kategori sederhana dan bagus untuk pemula.

Kategori Menengah (Intermediate)

Pada tahapan ini untuk membuat hasil rakitan menjadi lebih baik dan mendekati aslinya, perakit mulai belajar menggunakan cat, dempul, ampelas, dll. Hal ini dapat terlihat dari proses pemotongan sprue yang semakin baik, penempelan yang semakin rapi, pendempulan, hingga pengecatan juga mulai dilakukan, sehingga hasil akhirnya menjadi lebih baik.

?????????????

Kategori Atas (Advance)
Pada tahap ini hasil rakitan akan jauh lebih sempurna dan mendetil. Perakit biasanya sudah mengusai beberapa teknik, contohnya weathering dan washing. Umumnya perakit mulai menambahkan beberapa aksesoris, seperti ; photo etched dan extra decal untuk membuat hasil rakitannya menjadi lebih realistis.

PERALATAN/PERLENGKAPAN
Sebaiknya jika anda memang akan serius menggeluti hobi ini, tentu saja kelengkapan peralatan dan perlengkapan sangat membantu proses perakitan model kit.

Dibawah ini adalah beberapa jenis peralatan/perlengkapan yang dibedakan menurut kelas kategorinya, yaitu :

1. Tang Potong, berfungsi untuk memotong part kit dari sprue-nya.

tang jepit

Anda bisa membeli tang ini di toko bangunan, toko buku atau toko perkakas.

2. Art Cutter, berfungsi untuk memotong atau menyayat part kit. Sebaiknya anda menggunakan art cutter/hobby cutter/craft cutter yang bisa dibeli di toko-toko model kit atau toko buku. Namun jika anda mengalami kesulitan untuk menemukannya, cutter biasa juga bisa membantu namun hasilnya akan kurang maksimal.

art cutter

 

3. Pinset, berfungsi untuk menempelkan bagian – bagian kecil dari part yang sulit dilakukan oleh jari – jari perakit.

pinset4. Lem Polyutherene, lem ini akan mencairkan bahan plastik pada model kit sehingga kit dapat menempel dengan baik. Biasanya anda bisa memperoleh lem ini di toko model kit dengan beragam merk.
lem model kit

5. Cat, pada model kit cat terbagi menjadi 3 jenis, yaitu enamel (cat minyak), acrylic (cat air), dan yang terakhir cat laquer.
cat model kit

6. Thinner, biasanya yang dipergunakan adalah thinner khusus sesuai jenis cat yang dipilih, bisa acrylic thinner atau enamel thinner.

thinner

 

7. Thinner biasa, untuk yang satu ini anda dapat membelinya di toko bahan bangunan. Berfungsi untuk membersihkan kuas, cat, atau perangkat airbrush yang sudah selesai dipergunakan.

8. Kuas, sebaiknya anda membeli kuas khusus untuk model kit atau yang biasa dipergunakan untuk melukis.

9. Kompresor airbrush, umumnya lengkap dengan selang, spray, dll. Jika lokasi anda mengerjakan model kit merupakan area yang lembab, sebaiknya anda melengkapinya dengan water trap. Ada beberapa jenis kompressor yang tersedia di pasaran, anda bisa dicari di Glodok (Jakarta) atau langsung datang ke toko khusus model kit.

kompressor

10. Masking tape dan Fluid masker
Masking tape berfungsi untuk menutup bagian-bagian yang tidak perlu di cat, seperti kanopi pada pesawat. Biasanya masking tape dipergunakan saat melakukan pengecetan menggunakan teknik airbrush. Jika anda tidak dapat memnemukannya, maka anda dapat menggantinya dengan fluid masker.
masking tape

11. Dempul, biasanya pada bagian – bagian sambungan model kit terdapat celah, maka dempul berfungsi sebagai penambal pada bagian tersebut, atau pun jika ada bagian body yang ingin ditambahkan lapisannya. Ada beberapa jenis dempul yang tersedia, yaitu tipe basic, smooth surface atau pun yang cepat kering, anda tinggal pilih saja yang sesuai dengan kebutuhan.

dempul

12. Kikir, carilah yang berukuran kecil dan halus.

kikir

13. Bor, carilah mata bor ukuran kecil.
bor

14. Ampelas, Cat minyak, thinner (white spirit), Future (cairan pembersih lantai) yang berfungsi untuk membersihkan bagian bening dari model kit.

15. Alat bantu tambahan, yaitu ; tusuk gigi, sedotan, sisa styrofoam bekas, dll.

PEMBUATAN

modelkits5

Pemilihan
Mulailah dengan memilih jenis model kit yang tidak terlalu rumit. Umumnya hal ini dapat dilihat dari jumlah ikatan part model kit. Semakin banyak part-nya maka model kit tersebut akan semakin sulit untuk di rakit.

Perencanaan
Rencanakan dengan baik akan dijadikan seperti apakah model kit yang anda rakit, cukupkah hanya merakitnya atau mungkin anda ingin menjadikannya sebuah diorama sehingga hasilnya dapat terlihat lebih realistis.

Kemudian cari lah referensi dari rencana anda. Sebagai perakit kategori pemula anda cukup mengikuti buku petunjuknya saja. Jika anda perakit dengan kategori medium, anda bisa mulai mencari data yang sesuai dengan model kit tersebut. Cobalah untuk mendapatkan datanya sedetil mungkin. Jika anda termasuk kedalam kategori advance, umumnya anda bisa mencoba menambahkan detil realistisnya dengan mencari referensi foto-foto kondisi asli dari kit yang dipilih.

Perakitan
Ini merupakan tahap yang cukup mudah, anda cukup mengikuti petunjuk perakitannya saja. Ikuti urutan pembuatan sesuai dengan nomor petunjuk. Untuk kategori medium / advance, anda akan lebih sibuk, karena memerlukan strategi pemasangan dan tambahan peralatan/perlengkapan. Bacalah buku petunjuk berulang-ulang, untuk meminimalisir tingkat kesalahan dalam pengerjaan.

Jadi bagaimana? Sudahkah anda tertarik untuk menggeluti hobi perakitan model kit ini? Ayo serbu model kit-nya dan rakit sesuai keinginan anda !

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account