Google Doodle Hari Ini : Wanita Muslim Pengubah Arsitektur Modern, Zaha Hadid

Velodrome – Tak banyak orang mengenal sosok yang menghiasi Google Doodle hari ini. Dia adalah Zaha Hadid, wanita muslim yang sangat dikenal di kancah arsitektur dunia. Ia merupakan wanita pertama yang meraih penghargaan tertinggi di dunia arsitektur internasional, Pritzker Architecture Prize, tepatnya pada 31 Mei 13 tahun silam.

Wanita keturunan Irak ini juga mendapatkan penghargaan paling prestisius di Inggris, Stirling Prize. Ia pun menjadi wanita pertama yang pernah dianugerahi penghargaan Royal Gold Medal tahun 2016 dalam bidang arsitektur oleh institut arsitektur bergengsi di Inggris yaitu Royal Institute of British Architects (RIBA).

Hari ini Google menampilkan Zaha sebagai sosok untuk dikenang sebagai penghormatan kepada wanita yang memukau dunia.

Zaha Hadid datang dari keluarga terkemuka di Baghdad dalam tahun terakhir kerajaan Hashemite. Ia tumbuh besar di masa setelah kudeta militer pimpinan Brigadir Jenderal Abdul Karim Qassim berakhir. Kemudian ia pergi ke Beirut untuk melanjutkan pendidikannya dalam bidang matematik sebelum ia pindah ke London dan belajar arsitektur.

Pada tahun 1979, ia membuka kantor pertamanya di London dengan nama Zaha Hadid Architects. Ia adalah seorang wanita bekerja di bidang yang di dominasi oleh laki-laki. Namun passion terhadap dunia arsitektur lah yang mendorongnya untuk menembus batas dari sebuah desain atau rancangan.

“Saya tak pernah mengungkit masalah bahwa saya seorang arsitek wanita” katanya pada sebuah interview dengan majalah Icon, “namun jika itu bisa membantu anak muda agar mereka tahu mereka bisa menembus semua rintangan, saya tidak keberatan,” imbuhnya, seperti dilansir dari situs Al Jazeera.

Arsitek wanita yang terkenal karena desain arsitektur modernnya terbiasa memanfaatkan lanskap sekitarnya sebagai inspirasi dari gedung yang akan ia rancang. Desain-desain miliknya bergaya neofuturistic, diantaranya Vitra Fire Station di Jerman dan stadium kolam renang di London.

Aquatics Centre dan the Water Polo Arena.[BaldBoris/Creative Commons/Wikipedia]

Garis dan sudut yang tajam pada kantor pusat pemadam kebakaran di Jerman tersebut terinspirasi dari kebun anggur. Sementara untuk atap dari stadium kolam renang yang megah di London Aquatic Centre terinspirasi dari bentuk ombal di laut.

“Ia adalah pioneer yang sesungguhnya di bidang arsitektur. Ia mewakili aspirasi tertinggi dari Pritzker Architecture Prize,” ujar organisasi Pritzker Architecture Prize di Chicago, Amerika Serikat.

Selain ke dua gedung di atas, Zaha Hadid juga menjadi arsitek dari rancangan stadium megah Al Wakrah Stadium yang dibangun untuk Piala Dunia Sepak Bola 2022 di Qatar.

Wanita yang lahir pada 31 Oktober 1950 ini meninggal pada usia 65 tahun arena serangan jantung di rumah sakit Miami, dimana ia dirawat akibat penyakit bronkitis.

Karya-karya Zaha Hadid

Google Doodle : Zaha Hadid, Wanita Muslim Pengubah Arsitektur Modern

Galaxy Soho, Beijing. [Jason Lee/Reuters]

Google Doodle : Zaha Hadid, Wanita Muslim Pengubah Arsitektur Modern

The Guangzhou Opera House, China. [Getty Images] – Al Jazeera

Heydar Aliyev Center, Baku, Azerbaijan, yang terpilih sebagai desain museum terbaik tahun 2014 oleh Museum of London.

1 Comment
  1. adeliasalsa 11 months ago

    tulisannya seru

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account